digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2020 SW Kana Az-Zahra 19217049.pdf ]
PUBLIC Wiwik Istiyarini

Akhir-akhir ini, mengendorse Instagram influencer telah menjadi salah satu strategi marketing yang dilakukan oleh para brand. Endorsement bisa menjadi efektif dikarenakan adanya hubungan atau komunikasi antara followers dengan influencer. Berdiri pada tahun 2014, Ancient Summer adalah salah satu Perusahaan Kecil dan Menengah dari Bandung yang memproduksi case hp dengan desain orisinil yang didesain oleh team Ancient Summer. Ancient Summer menggunakan Instagram sebagai sosial media utama untuk menjual produknya dan mengandalkan Instagram influencer endorsement sebagai strategi marketingnya. Namun, Ancient Summer menghadapi kesulitan dalam memilih influencer yang tepat di endorse untuk meningkatkan penjualan mereka. Berdasarkan data dari pengalaman Ancient Summer dalam mengendorse influencer, jumlah followers dan biaya endorsement tidak dapat menjadi alat ukur yang pasti dalam memperkirakan efektif tidaknya sebuah endorsement. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor Instagram influencer yang memiliki pengaruh positif terhadap niat membeli dan untuk merancang pedoman dalam memilih Instagram influencer untuk di endorse. Penelitian ini menggunakan survei online terhadap 200 responden dan dianalisis menggunakan SEM PLS untuk melihat hasilnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor trustworthiness dan brand congruence memiliki hubungan positif dengan niat membeli, sedangkan attractiveness dan expertise tidak. Penelitian ini juga merekomendasikan SOP Instagram influencer endorsement sebagai basis untuk Ancient Summer dalam mengendorse influencer. Kata Kunci: Industri Fashion dan Aksesoris; Influencer Instagram; Endorsement; Pemasaran; Niat Beli; SEM PLS