Akhir-akhir ini, mengendorse Instagram influencer telah menjadi salah satu strategi marketing
yang dilakukan oleh para brand. Endorsement bisa menjadi efektif dikarenakan adanya hubungan
atau komunikasi antara followers dengan influencer. Berdiri pada tahun 2014, Ancient Summer
adalah salah satu Perusahaan Kecil dan Menengah dari Bandung yang memproduksi case hp
dengan desain orisinil yang didesain oleh team Ancient Summer. Ancient Summer menggunakan
Instagram sebagai sosial media utama untuk menjual produknya dan mengandalkan Instagram
influencer endorsement sebagai strategi marketingnya. Namun, Ancient Summer menghadapi
kesulitan dalam memilih influencer yang tepat di endorse untuk meningkatkan penjualan mereka.
Berdasarkan data dari pengalaman Ancient Summer dalam mengendorse influencer, jumlah
followers dan biaya endorsement tidak dapat menjadi alat ukur yang pasti dalam memperkirakan
efektif tidaknya sebuah endorsement.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor Instagram influencer yang memiliki pengaruh
positif terhadap niat membeli dan untuk merancang pedoman dalam memilih Instagram influencer
untuk di endorse. Penelitian ini menggunakan survei online terhadap 200 responden dan dianalisis
menggunakan SEM PLS untuk melihat hasilnya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor trustworthiness dan brand congruence memiliki
hubungan positif dengan niat membeli, sedangkan attractiveness dan expertise tidak. Penelitian
ini juga merekomendasikan SOP Instagram influencer endorsement sebagai basis untuk Ancient
Summer dalam mengendorse influencer.
Kata Kunci: Industri Fashion dan Aksesoris; Influencer Instagram; Endorsement; Pemasaran;
Niat Beli; SEM PLS