digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2020 SM Bagus Nugroho (19217052).pdf?
PUBLIC Wiwik Istiyarini

Persaingan bisnis di bidang kuliner selalu menjadi persaingan yang tinggi dan mempengaruhi industri makanan dan minuman dari produsen ke konsumen. Salah satu sektor dalam industri makanan dan minuman adalah industri madu. Barang madu dikembangkan dari bidang pengembangan suplemen kesehatan menjadi bidang pengembangan ekonomi. (Yeow et al., 2013). Tapi, di pasaran kita bisa melihat harga produk madu, khususnya Madu Mentah bervariasi berdasarkan Kualitas, merek, dan strategi pemasaran. Dengan kondisi ini, setiap perusahaan Madu memiliki strategi pemasaran yang berbeda untuk meningkatkan pendapatan bisnis terutama di era digital. Penulis ingin menganalisis pengaruh strategi pemasaran digital dan tradisional pada perilaku konsumen dan dampaknya terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Madu di Indonesia. Metode kuantitatif digunakan untuk memperoleh data primer untuk analisis dari pelanggan potensial menggunakan kuesioner. Untuk mendukung metode ini juga penulis menggunakan data sekunder seperti literatur, jurnal, dan penelitian sebelumnya. Makalah ini akan berguna bagi pemasar, pemilik bisnis dan terutama bagi pihak lain yang terlibat dalam UKM kuliner untuk memahami dampak strategi pemasaran digital dan traditional serta memahami pentingnya strategi pemasarannya untuk menarik keputusan pembelian pelanggan. Semoga mereka dapat memahami bagaimana merancang strategi pemasaran untuk menarik keputusan pembelian pelanggan, sehingga mereka dapat menerapkan strategi ini dalam bisnis mereka. Key words : Pemasaran Digital, Pemasaran Tradisional, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian Konsumen.