digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2020 SM Siti Hasanah 19017198.pdf?
PUBLIC Wiwik Istiyarini

Airbnb, sebuah perusahaan jasa yang memungkinkan orang untuk menyewa akomodasi kepada orang lain dengan cepat menjadi salah satu tren terbesar dalam industri perhotelan. Sebagai model bisnis baru, perusahaan ekonomi berbagi memanfaatkan peluang, tetapi pada saat yang sama, ditantang dari berbagai perspektif. Salah satu masalah penting dalam ekonomi berbagi ini adalah penetapan harga. Harga Airbnb sangat penting untuk ditentukan, dan jumlah daftar yang ditawarkan memungkinkan bisnis ini lebih kompetitif dan memperketat persaingan. Di era teknologi informasi dan komunikasi solusi seperti data besar, analisis bisnis, komputasi awan, penambangan data, dan sistem intelijen bisnis menjadi memainkan peran kunci dalam proses manajemen organisasi yang berbeda dan salah satu alat untuk memperbaiki dan meningkatkan bisnis sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menentukan model peramalan harga dari daftar Airbnb di Singapura menggunakan Pembelajaran Mesin (Regresi Linier Berganda, Hutan Acak, dan Peningkatan Gradien). Studi ini menganalisis 7.676 listing Airbnb Singapura pada 25 September 2019. Setelah memproses dan menganalisis hasilnya, model peningkatan gradien menunjukkan kinerja terbaik dengan model 77,90% dan kesalahan terendah dibandingkan dengan model pembelajaran mesin lainnya (skor MSE 30175679.047, skor RMSE 5493.239 dengan 512 angka penduga). Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu host airbnb memecahkan masalah penetapan harga. Kata Kunci: Akomodasi Peer-to-Peer, Prediksi Harga, Pembelajaran Mesin, Regresi Linier Berganda, Hutan Acak, Peningkatan Gradien.