Article Details

THE ASSOCIATION BETWEEN BACKGROUND COLOR AND EMOTION IN FASHION PRODUCT PHOTO AND THE INFLUENTIAL FACTORS

Oleh   Shahreza Sendhang Rasendrya [19017269]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Ir. C.O. Budi Permadi Iskandar, MSP;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : warna, emosi, fashion, latar belakang foto, foto produk
Sumber :
Staf Input/Edit : Wiwik Istiyarini  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-07-31 18:59:35

Salah satu cara yang bisa dipakai oleh merek-merek fashion untuk bersaing adalah dengan mengembangkan hubungan emosional yang positif dengan pelanggan. Mengembangkan hubungan emosional yang positif dengan pelanggan dapat dilakukan oleh merek fashion dengan mendesain konten-konten mereka sedemikian rupa agar bisa menyampaikan emosi-emosi positif atau emosi-emosi yang sejalan dengan nilai-nilai mereka sebagai sebuah merek. Perihal caranya, penggunaan warna telah dikaitkan dengan emosi di banyak penelitian-penelitian sebelumnya. Karena foto produk adalah salah satu konten media sosial yang paling sering dipakai oleh merek-merek fashion, emosi-emosi tersebut dapat ditekankan di dalam foto-foto produk. Dalam foto produk, selain pada produknya itu sendiri, warna juga dapat digunakan sebagai latar belakang foto tersebut. Dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mempelajari faktor-faktor yang memengaruhi keterkaitan antara warna latar belakang dan emosi pada foto produk fashion, dan juga emosi-emosi apa yang dikaitkan dengan penggunaan warna-warna tertentu (merah, hijau, dan biru) sebagai latar belakang. Dengan menggunakan analisis tematik deduktif dan induktif, dan juga menggunakan daftar tipe-tipe emosi oleh HUMAINE, penelitian ini menemukan bahwa emosi-emosi yang dikaitkan dengan warna latar belakang tertentu dapat didapatkan dari warna itu sendiri (dengan atau tanpa alasan yang spesifik), keseluruhan foto produknya, atau mereknya itu sendiri. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa warna merah, hijau, dan biru cenderung “mengganggu” saat digunakan sebagai latar belakang. Meski begitu, ada juga emosi-emosi positif yang dikaitkan dengan warna-warna tersebut, seperti “keberanian” dari merah, “kebahagiaan” dari hijau, dan “ketenangan” dari biru. Kata Kunci: warna, emosi, fashion, latar belakang foto, foto produk