Article Details

MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT BELI BERDASARKAN REKOMENDASI MEREK DARI INFLUENSI DIGITAL

Oleh   Adella Izdhiharnada Novian [19217078]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Reza Ashari Nasution, Ph.D.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : SBM - Kewirausahaan
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Aksesoris Ponsel, Digital Influencer, EWOM, Industri Fashion, Media Sosial, UKM.
Sumber :
Staf Input/Edit : Taupik Abidin  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-07-31 15:28:04

Dalam era digital ini, influencer digital adalah pendekatan modern paling mendasar dalam pemasaran dalam satu dekade bagi semua orang di garis depan dalam pengambilan keputusan pembelian. Influencer digital dianggap sebagai alat komunikasi merek untuk terlibat dalam percakapan dan membangun efek dari mulut ke mulut dalam basis pengikut mereka. Namun, tidak banyak bisnis aksesoris ponsel yang mampu menangkap peluang saluran media sosial yang biasa digunakan untuk menghubungkan orang di seluruh dunia menggunakan Internet. Influencer digital dianggap sebagai peran penting dalam bisnis aksesoris ponsel untuk meningkatkan penjualan yang bertujuan untuk bisnis yang berkelanjutan. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak influencer digital dengan menganalisis popularitas, pengalaman, kepercayaan dan kesesuaian produk dari niat pelanggan untuk membeli merek fashion yang direkomendasikan melalui media sosial Instagram di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner Likert online 5-poin dengan metode pengambilan sampel yang disengaja. Hasil kuesioner akan diukur menggunakan Regresi Linier Berganda, yang dapat memperjelas hubungan antara variabel dependen (niat pembelian) dan variabel independen (niat pembelian, sedangkan variabel independennya adalah daya tarik, keahlian, keandalan, dan kesesuaian produk) dalam hal ini. Sampel. Studi ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih dalam tentang kekuatan persuasif influencer digital terhadap niat pembelian pelanggan. Pemahaman yang lebih baik tentang karakteristik dan kepribadian influencer digital, ketika merekomendasikan barang-barang tersebut, dapat mengarahkan bisnis aksesori ponsel untuk membangun strategi pemasaran yang efektif untuk berkolaborasi dengan influencer digital untuk meminimalkan kesalahan dalam pemilihan influencer digital. Akibatnya, bisnis aksesori ponsel harus mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang strategi pemasaran dan praktik terbaik di media sosial dan menjalankan strategi untuk menjadi pemimpin pasar dalam aksesoris phone case di Indonesia.