digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Konsumsi pakaian bekas telah bertumbuh sangat pesat dengan kategori fashion sebagai produk yang paling favorit untuk dibeli. Hal ini terjadi berkat adanya kemajuan teknologi yang telah memungkinkan produk bekas dibeli secara online. Namun, pelanggan lebih cenderung menderita penyesalan pasca-pembelian ketika mereka mulai beralih berbelanja secara online. Oleh sebab itu, peneliti terdahulu telah berkonsentrasi pada aspek belanja online dan menemukan kualitas atmosfer sebagai salah satu aspek penting dalam belanja online karena hubungannya dengan kepuasan pelanggan. Pasjoom, sebagai salah satu bisnis yang bergerak dalam penjualan pakaian bekas secara online, memiliki niat untuk mengatasi faktor penyesalan pasca pembelian yang dialami sebagian besar konsumen pasca pembelian. Dengan menggunakan metode campuran, penelitian ini bermaksud untuk menemukan faktor yang memengaruhi penyesalan pasca pembelian dalam konteks pembelian pakaian bekas secara online. Wawancara semi-struktur dilakukan kepada 7 peserta yang pernah berbelanja pakaian bekas di Pasjoom. Hasil wawancara akan menjadi dasar untuk menentukan isyarat atmosfer yang akan diidentifikasi lebih lanjut melalui survei kuesioner. Respon kuesioner dikumpulkan dari 217 responden yang memiliki pengalaman dalam membeli pakaian bekas melalui platform online. Analisis PLS-SEM digunakan untuk menguji hubungan hipotesis antara variabel, yaitu persepsi kualitas dari isyarat terkait produk, persepsi kualitas dari isyarat terkait layanan, kenikmatan yang dirasakan, pembelian impuls, dan penyesalan pasca-pembelian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam konteks pembelian online pakaian bekas, pelanggan lebih mementingkan isyarat terkait produk daripada isyarat terkait layanan. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa pembelian impuls memiliki hubungan langsung yang signifikan terhadap penyesalan pasca pembelian. Temuan ini diharapkan menjadi masukan bagi pemasar Pasjoom dalam mencegah pengalaman penyesalan pasca pembelian pelanggan dengan mengoptimalkan pengembangan isyarat atmosfer di situs web.