Article Details

IDENTIFIKASI PENGARUH PERSEPSI DAN MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG PANTAI PANGANDARAN

Oleh   Larasati [15416011]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Heru Purboyo Hidayat Putro, DEA;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : SAPPK - Perencanaan Wilayah dan Kota
Fakultas : Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)
Subjek :
Kata Kunci : Persepsi Wisatawan, Motivasi Wisatawan, Minat Kunjung Ulang.
Sumber :
Staf Input/Edit : Yoninur Almira  
File : 9 file
Tanggal Input : 2020-07-23 11:10:13

Generic placeholder image
ABSTRAK Larasati

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Generic placeholder image
BAB 1 Larasati

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Generic placeholder image
BAB 2 Larasati

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Generic placeholder image
BAB 3 Larasati

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Generic placeholder image
BAB 4 Larasati

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Generic placeholder image
BAB 4 Larasati

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Generic placeholder image
BAB 5 Larasati

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Generic placeholder image
DAFTAR Larasati

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Generic placeholder image
2020 TA PP LARASATI_LAMPIRAN.pdf)u

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB


Pantai Pangandaran merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Kabupaten Pangandaran yang memiliki potensi besar dalam industri pariwisata dan merupakan penyumbang jumlah wisatawan terbanyak apabila dibandingkan dengan objek wisata lainnya di Kabupaten Pangandaran. Namun, terdapat permasalahan yang dihadapi wisata Pantai Pangandaran dimana terdapat penurunan jumlah wisatawan yang diperoleh berdasarkan data BPS. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik wisatawan yang berminat untuk melakukan kunjungan ulang ke Pantai Pangandaran serta pengaruh persepsi dan motivasi wisatawan terhadap minat kunjung ulang ke Pantai Pangandaran baik secara bersamaan maupun secara parsial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Kemudian metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan populasi dalam penelitian ini merupakan wisatawan yang pernah berkunjung ke objek wisata Pantai Pangandaran dalam kurun waktu 4 tahun terakhir, dengan sampel sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis tabulasi silang, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dan motivasi wisatawan secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang wisatawan, persepsi wisatawan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang wisatawan, dan motivasi wisatawan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang wisatawan. Sehingga diperlukannya perhatian lebih terhadap persepsi dan motivasi wisatawan yang melakukan kunjungan ke Pantai Pangandaran agar pihak pengelola dapat lebih mengembangkan dan meningkatkan lagi pengelolaannya terhadap Pantai Pangandaran