digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2020 TA PP DIVINDO AGABEL ADIGUNA 1.pdf?
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Penggunaan simulator dewasa ini sudah mengalami kemajuan di berbagai bidang. Dari penggunaan simulator sebagai pelatihan hingga merambah di bidang hiburan. Simulator pada abad 21 ini mengalami banyak perkembangan seiring perkembanagn teknologi yang ada. Seperti perkembangan sistem visual seperti Virtual Reality yang mendukung Simulasi menjadi lebih nyata. Selain di bidang militer simulator dewasa ini digunakan dalam berbagai industri lain seperti industri hiburan, industri kesehatan, industry hukum, industri transportasi dan industri atletik. Di Indonesia Simulator sudah banyak digunakan dalam berbagai hal, seperti simulator pelatihan SIM, Simulator pesawat terbang, dan kereta api. Namun belum ada simulator untuk mengemudikan kapal selam di Indonesia. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung memanfaatkan hal ini untuk membangun sebuah simulator wahana bawah laut. Ada dua tujuan dibuatnya simulator ini yaitu untuk pelatihan dan hiburan. Dalam penelitian ini simulator diarahkan sebagai wahana hiburan yang bisa diakses masyarakat sebagai salah satu alternatif wisata bawah laut yang ekonomis dan aman. Sehingga desain simulator wahana bawah laut akan diarahkan sebagai wahana hiburan yang diletakkan pada destinasi wisata terbesar di Indonesia yaitu Ancol. Dalam pembuatan simulator ini dibutuhkan pendekatan keilmuan Desain Produk agar simulator menjadi rampung. Bagaimana caranya Desain Simulator ini menjawab kebutuhan pengguna, seperti fitur-fitur yang dibutuhkan, kajian ergonomi dan antropometri, User Experience dan User interface dari Simulator sehingga pengguna tertarik, nyaman dan aman dalam menggunakan simulator ini. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk dapat menghasilkan sebuah desain simulator wahana bawah laut yang terancang dengan baik yang akan di terapkan sebagai wahana hiburan untuk mengeksplorasi kehidupan bawah laut.