Article Details

EVALUASI USABILITY PADA APLIKASI WEB ONLINE GROCERY SHOPPING (OGS) INAGRI

Oleh   Muhammad Marsa Ilmi [14415040]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Ari Widyanti, S.T., M.T., Ph.D.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : FTI - Manajemen Rekayasa Industri
Fakultas : Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Subjek :
Kata Kunci : evaluasi usability, aplikasi web, online grocery shopping
Sumber :
Staf Input/Edit : wedya  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-07-02 09:00:18

Inagri merupakan platform Online Grocery Shopping (OGS) yang sedang mengembangkan aplikasi web sebagai media penjualan utamanya dalam tahap prototyping. Pengembangan prototipe sejauh ini didasarkan pada benchmarking terhadap aplikasi web e-commerce serupa. Problem owner menganggap cara ini belum cukup dan berdasarkan survei pendahuluan terkait pengalaman responden dalam menggunakan aplikasi web e-commerce yang ada di pasaran, disimpulkan perlu dilakukan evaluasi usability dan perancangan usulan perbaikan terhadap prototipe aplikasi web Inagri yang melibatkan calon pengguna secara langsung. Evaluasi usability dilakukan secara formatif terhadap atribut efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Evaluasi dilakukan menggunakan metode pengujian usability dan inquiry, dalam bentuk pengukuran performansi terhadap keberhasilan dan waktu penyelesaian tugas, persentase kesalahan, dan metrik eye tracking, kuesioner post-task dan post-test, serta protokol gaze-cued retrospective think-aloud, terhadap tugas log-in, pengisian data pembeli, dan pembelian produk. Hasil penelitian menunjukkan tugas log-in memiliki efektivitas dan efisiensi yang baik, dengan kepuasan pengguna yang rendah. Tugas pengisian data pembeli memiliki efektivitas yang juga baik, namun dengan efisiensi dan kepuasan pengguna yang sangat rendah. Sementara tugas pembelian produk memiliki efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna yang rendah. Kepuasan pengguna terhadap aplikasi web Inagri secara keseluruhan juga masih rendah dengan subkarakteristik layar serta terminologi dan informasi sistem menjadi penyumbang ketidakpuasan terbesar. Perancangan perbaikan menghasilkan 22 usulan yang terdiri dari 5 usulan perbaikan umum, 1 usulan perbaikan untuk tugas log-in, 6 usulan perbaikan untuk tugas pengisian data pembeli, dan 10 usulan perbaikan untuk tugas pembelian produk.