ABSTRAK Shinta Permana Putri
PUBLIC Yoninur Almira BAB 1 Shinta Permana Putri
PUBLIC Yoninur Almira
BAB 2 Shinta Permana Putri
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 3 Shinta Permana Putri
PUBLIC Yoninur Almira BAB 4 Shinta Permana Putri
PUBLIC Yoninur Almira
BAB 5 Shinta Permana Putri
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 6 Shinta Permana Putri
PUBLIC Yoninur Almira DAFTAR Shinta Permana Putri
PUBLIC Yoninur Almira
LAMPIRAN
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Tren persaingan dunia masih menjadi isu sentral dalam era globalisasi yang terjadi
saat ini. Tren mempromosikan sebuah kota dengan mengadopsi teknik branding
menjadi salah satu cara dalam mewujudkan kota berdaya saing. Dalam beberapa
literatur disebutkan bahwa inisiatif smart city dapat menjadi strategi yang efektif
dalam menentukan keberhasilan upaya city branding suatu kota. Meskipun demikian,
belum banyak yang membahas pengaruh smart city terhadap keberhasilan city
branding dan pengaruh langsung yang terbentuk antar keduanya secara lebih jelas
khususnya dalam konteks di Indonesia sebagai negara berkembang. Kota Surabaya
menjadi cerminan yang menarik untuk diteliti dalam hal ini. Kota Surabaya yang
mengedepankan upaya transformasi menjadi kota berbasis smart city dan tanpa
dengan sengaja membranding dirinya dengan konsep tersebut justru dikenal luas
dengan keberhasilan implementasi smart citynya di Indonesia. Penelitian ini pada
dasarnya merupakan penelitian kombinasi yang menggunakan analisis SEM sebagai
metode analisis data kuantitatif yang digunakan pertama kali dalam mengidentifikasi
pengaruh smart city terhadap keberhasilan city branding dan menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif, analisis isi, dan analisis komparasi sebagai metode analisis data
kualitatif dalam mengidentifikasi pola pengaruh yang terbentuk antar keduanya
sehingga dapat menjelaskan pengaruh kuantitatif yang ada secara lebih komprehensif.
Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa adanya inovasi layanan smart city yakni
smart environment, smart governance, smart living, smart economy, dan smart people
(terutama pada smart governance) berdampak positif dalam menentukan keberhasilan
city branding secara langsung maupun dapat dijadikan media komunikasi citra kota
efektif dalam rangka memperkuat persepsi/citra perkotaan Surabaya yang positif dan
menentukan keberhasilan branding di Kota Surabaya. Pada kasus Kota Surabaya,
dimensi smart city dapat berpengaruh dalam menentukan keberhasilan city branding
karena memiliki pola pengaruh pada komponen yang membentuknya serta pola
pengaruh dalam proses implementasinya yang dapat terlihat pada pola pengaruhnya
dalam membentuk identitas kota, pola pengaruh stakeholder, pola pengaruh tujuan
dan sasaran, pola pengaruh fungsi, dan pola pengaruh faktor kesuksesan smart city
yang turut mempengaruhi kesuksesan upaya city branding.