digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Laras Bening Jiwani
PUBLIC Alice Diniarti

Di era globalisasi ini, masyarakat mudah terpapar informasi dari berbagai media. Di antara informasi-informasi tersebut, banyak yang sesungguhnya bukan merupakan informasi yang tepat. Salah satu contohnya ialah maraknya pemberitaan media mengenai dampak buruk MSG atau micin yang berlebihan. Mahasiswa umumnya merasakan fase awal hidup sendiri dan mengatur pola konsumsi sendiri, sehingga perlu mengetahui informasi yang tepat mengenai MSG. Perilaku konsumsi mahasiswa terhadap MSG dianalisa melalui wawancara, sedangkan informasi yang tepat mengenai MSG disusun berdasarkan wawancara dengan dokter gizi dan melalui studi literatur. Informasi-informasi tersebut kemudian disampaikan kepada mahasiswa melalui kampanye sosial yang bertujuan untuk meningkatkan awareness (kesadaran). Kampanye dirancang dengan grand design yang fun dan aktivitas utamanya berada pada media sosial. Melalui kampanye ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami bahwa MSG secara umum sebetulnya tidak berbahaya tetapi tetap harus dikonsumsi secukupnya saja, serta bila memiliki gejala atau riwayat hipertensi dan obesitas agar mengurangi konsumsi MSG.