Article Details

PEMODELAN RESERVOIR STATIS 3D DAN DAN ESTIMASI CADANGAN HIDROKARBON INTERVAL RESERVOIR-1, FORMASI TALANGAKAR, LAPANGAN LOTSO, SUBCEKUNGAN PALEMBANG SELATAN, CEKUNGAN SUMATRA SELATAN

Oleh   Salma Reyhan Irfan [12015058]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Asep Heri Patria Kesumajana, M.T.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : FITB - Teknik Geologi
Fakultas : Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)
Subjek :
Kata Kunci : Reservoir-1, Lapangan Lotso, Formasi Talangakar, Cekungan Sumatra Selatan, Potensi Sumberdaya Upside, Lower Delta Plain, Pemodelan Reservoir Statis, Cadangan Hidrokarbon (IGIP).
Sumber :
Staf Input/Edit : Alice Diniarti  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-06-30 10:10:58

Lapangan Lotso merupakan lapangan yang memiliki potensi sumberdaya upside potentials pada interval Formasi Talangakar yang ditunjukan oleh keberadaan hidrokarbon berupa gas berdasarkan hasil data tes pada sumur eksplorasi. Lapangan Lotso sudah berproduksi sejak tahun 1939 dan terus mengalami pengembangan. Secara administratif, Lapangan Lotso terletak di Kota Prabumulih, Provinsi Sumatra Selatan. Secara fisiografis, Lapangan Lotso terletak di Subcekungan Palembang Selatan pada cekungan busur belakang Sumatra Selatan berumur Tersier. Studi geologi dan pemodelan reservoir difokuskan pada Formasi Talangakar dengan satu interval reservoir yang terdiri dari litologi batupasir dan serpih. Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari tatanan geologi daerah penelitian, membuat model reservoir statis, dan mengestimasi cadangan hidrokarbon di tempat pada interval reservoir di Lapangan Lotso. Data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari data log tali kawat, deskripsi keratan bor, laporan biostratigrafi, dan seismik 3-D. Metode yang digunakan dalam penelitian meliputi korelasi stratigrafi sikuen, analisis biostratigrafi, analisis fasies dan lingkungan pengendapan, pembuatan peta ketebalan, pembuatan peta struktur kedalaman menggunakan data seismik, analisis petrofisika, pemodelan struktur tiga dimensi, pemodelan fasies dan distribusi petrofisika, penentuan kontak fluida, dan estimasi cadangan hidrokarbon. Berdasarkan penerapan metode tersebut, interval Reservoir-1 diendapkan pada lingkungan lower delta plain yang terdiri dari asosiasi fasies distributary channel, interdistributary bay, crevasse splay, dan floodplain. Struktur yang berkembang di Lapangan Lotso berupa antiklin berarah barat laut-tenggara yang berasosiasi dengan sesar inversi dan sesar normal berarah timur laut-barat daya. Nilai pancung properti petrofisika yang diperoleh adalah Vsh = 0,55; PHIE = 0,10; Sw = 0,80. Estimasi cadangan hidrokarbon di tempat (IGIP) pada interval Reservoir-1 di Lapangan Lotso adalah 11,09 bscf.