digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Abbyzar rafii hernawan
PUBLIC Alice Diniarti

Pemakaian objek dalam kehidupan sehari- hari membentuk citra diri seseorang, serta menjadi penanda munculnya identitas, gaya hidup, dan sifat seseorang. Dengan demikian objek yang dimiliki dan digunakan sesungguhnya berperan sebagai alat persuasi. Hal ini disadari dan dimanfaatkan dalam kampanye politik seperti poster, spanduk atau baliho yang menampilkan foto/gambar kader partai politik. Tampilan blazer, kemeja, kacamata, jilbab, dan peci menjadi sebuah ‘kredo’ untuk membangun citra dan imej diri sebagai pendukung elektabilitas. Berdasarkan premis tersebut, penelitian ini mengkaji penggunaan objek kacamata pada foto/gambar wajah kader partai politik dan hubungannya dengan pembentukan citra diri. Sebagai objek penelitian, kacamata memiliki makna stereotip yang terkait kompetensi dan karakter imej seseorang, khususnya citra intelektual, kepemimpinan, dan kejujuran. Dengan metode identifikasi semantik diferensial, penelitian ini melakukan analisa atas berbagai tipe, bentuk, dan ukuran fisik kacamata untuk memahami variasi persepsi responden terhadap pembentukan citra diri seseorang yang tampil di ruang publik.