digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK May Ulfa Sari Manik
PUBLIC Alice Diniarti

Education Solution Centre (ESC) adalah penyedia jasa layanan les privat di Kota Bandung dan Cimahi dengan mendatangkan guru ke rumah anak didik. Lembaga ini sudah berdiri sejak tahun 2017, dengan menyediakan layanan les privat semua mata pelajaran untuk jenjang pendidikan TK, SD, SMP, dan SMA, les privat bahasa (Bahasa Inggris dan TOEFL), Microsoft Office, baca dan tulis Al- Quran, dan les privat renang. ESC menggunakan Tes Kinestetik, Auditori, dan Visual untuk mengetahui gaya belajar anak didik, sehingga anak didik akan lebih nyaman dan mudah mengerti saat proses belajar. Media pemasaran online yang digunakan ESC adalah Facebook, Instagram, dan website. Saat ini ESC mempertimbangkan untuk melakukan pengembangan strategi promosi online, untuk meningkatkan intensi pengunjung untuk bergabung dengan ESC. Jumlah konsumen ESC saat ini belum mencapai target, sehingga penelitian bertujuan untuk meningkatkan jumlah konsumen ESC dengan mengevaluasi media pemasaran yang digunakan oleh ESC. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa media pemasaran online yang tepat digunakan untuk ESC yaitu menggunakan website, oleh karena itu penelitian ini hanya berfokus pada perbaikan website ESC. Untuk melakukan perbaikan website ESC perlu diketahui faktor apa saja yang mempengaruhi seseorang untuk bergabung dengan ESC. Hasil literatur dan kesepakatan dengan pihak ESC terdapat tiga faktor yaitu faktor penambahan informasi potongan harga, informasi testimoni dan penambahan tombol daftar yang akan diuji untuk mengetahui faktor mana saja yang mempengaruhi intensi seseorang untuk bergabung. Proses penentuan faktor ini dilakukan dengan menggunakan data hasil kuesioner yang disebarkan secara online. Pengolahan data hasil kuesioner dilakukan dengan metode regresi Robust Least Square. Metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh ketiga faktor terhadap rasa percaya dan pengaruh rasa percaya terhadap intensi untuk bergabung. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa faktor informasi potongan harga dan informasi testimoni memiliki pengaruh yang signifikan terhadap rasa percaya, namun penambahan tombol daftar tidak berpengaruh signifikan terhadap rasa percaya. Rasa percaya juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi untuk bergabung, selain itu rasa perca juga memiliki hubungan positif dengan intensi untuk bergabung, maka semakin tinggi rasa percaya akan semakin tinggi pula intensi seseorang untuk bergabung ke ESC. Oleh karena itu perancangan website yang diusulkan melibatkan kedua faktor tersebut