Education Solution Centre (ESC) adalah penyedia jasa layanan les privat di Kota
Bandung dan Cimahi dengan mendatangkan guru ke rumah anak didik. Lembaga
ini sudah berdiri sejak tahun 2017, dengan menyediakan layanan les privat semua
mata pelajaran untuk jenjang pendidikan TK, SD, SMP, dan SMA, les privat bahasa
(Bahasa Inggris dan TOEFL), Microsoft Office, baca dan tulis Al- Quran, dan les
privat renang. ESC menggunakan Tes Kinestetik, Auditori, dan Visual untuk
mengetahui gaya belajar anak didik, sehingga anak didik akan lebih nyaman dan
mudah mengerti saat proses belajar. Media pemasaran online yang digunakan ESC
adalah Facebook, Instagram, dan website. Saat ini ESC mempertimbangkan untuk
melakukan pengembangan strategi promosi online, untuk meningkatkan intensi
pengunjung untuk bergabung dengan ESC.
Jumlah konsumen ESC saat ini belum mencapai target, sehingga penelitian
bertujuan untuk meningkatkan jumlah konsumen ESC dengan mengevaluasi media
pemasaran yang digunakan oleh ESC. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang
telah dilakukan menunjukkan bahwa media pemasaran online yang tepat digunakan
untuk ESC yaitu menggunakan website, oleh karena itu penelitian ini hanya
berfokus pada perbaikan website ESC. Untuk melakukan perbaikan website ESC
perlu diketahui faktor apa saja yang mempengaruhi seseorang untuk bergabung
dengan ESC. Hasil literatur dan kesepakatan dengan pihak ESC terdapat tiga faktor
yaitu faktor penambahan informasi potongan harga, informasi testimoni dan
penambahan tombol daftar yang akan diuji untuk mengetahui faktor mana saja yang
mempengaruhi intensi seseorang untuk bergabung. Proses penentuan faktor ini
dilakukan dengan menggunakan data hasil kuesioner yang disebarkan secara
online.
Pengolahan data hasil kuesioner dilakukan dengan metode regresi Robust Least
Square. Metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh ketiga faktor terhadap
rasa percaya dan pengaruh rasa percaya terhadap intensi untuk bergabung. Hasil
pengolahan data menunjukkan bahwa faktor informasi potongan harga dan
informasi testimoni memiliki pengaruh yang signifikan terhadap rasa percaya,
namun penambahan tombol daftar tidak berpengaruh signifikan terhadap rasa
percaya. Rasa percaya juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi
untuk bergabung, selain itu rasa perca juga memiliki hubungan positif dengan
intensi untuk bergabung, maka semakin tinggi rasa percaya akan semakin tinggi
pula intensi seseorang untuk bergabung ke ESC. Oleh karena itu perancangan
website yang diusulkan melibatkan kedua faktor tersebut