digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Willy Wiwiek Chandra
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Willy Wiwiek Chandra
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Willy Wiwiek Chandra
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Willy Wiwiek Chandra
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 3 Willy Wiwiek Chandra
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Willy Wiwiek Chandra
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 5 Willy Wiwiek Chandra
PUBLIC Alice Diniarti





PUSTAKA Willy Wiwiek Chandra
PUBLIC Alice Diniarti

Pengembangan sistem pendeteksian kerusakan untuk struktur jembatan merupakan penelitian yang penting untuk melengkapi sistem pemantauan kesehatan struktur jembatan. Jumlah data modal yang terbatas akibat jumlah sensor yang minim dalam sistem pemantauan kesehatan struktur menghasilkan tantangan dalam pengembangan sistem pendeteksian kerusakan. Dalam laporan ini, dikembangkan sistem pendeteksian kerusakan baru yang terdiri dari dua tahap yaitu: ekspansi ragam getar dengan metode bayesian dan penentuan lokasi kerusakan dengan metode energi regangan modal. Sistem pendeteksian kerusakan dengan penggabungan kedua metode tersebut diterapkan terhadap struktur jembatan multigelagar beton sederhana dengan data simulasi numerik dan data pengujian lapangan. Data simulasi numerik terdiri dari data simulasi kerusakan tunggal dan simulasi kerusakan majemuk dengan variasi terhadap lokasi kerusakan dan tingkat kerusakan. Data simulasi numerik juga divariasikan dalam jumlah data modal yang diketahui. Variasi ini bertujuan untuk memahami akurasi dari penggabungan kedua metode yang diajukan. Selain itu, data pengujian lapangan juga digunakan untuk memahami kemampuan dari penggabungan kedua metode yang diajukan terhadap implementasi pada jembatan real. Data pengujian lapangan diperoleh dari struktur jembatan yang telah mengalami kerusakan akibat terjadinya kebakaran pada struktur. Selain itu, data catatan kerusakan real hasil inspeksi lapangan juga digunakan dalam proses validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggabungan kedua metode yang diajukan mampu memberikan prediksi lokasi kerusakan dengan korelasi yang baik terhadap simulasi kerusakan maupun kerusakan real pada struktur jembatan multigelagar beton sederhana.