Pendidikan merupakan salah satu hal penting di Indonesia, salah satunya dapat dilihat dari minat
siswa sekolah menengah atas untuk terus mengejar cita-citanya dengan cara melanjutkan
pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, yaitu jenjang universitas. Berdasar pada kepedulian
terhadap pendidikan. XYZ berdiri untuk membantu siswa sekolah menengah atas yang ingin
melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan memberikan kemudahan melalui bimbingan
belajar yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Sebagai perusahaan yang profit for benefit
XYZ menggunakan sebagian pendapatannya untuk kegiatan social. Akan tetapi, kepedulian XYZ
tersebut tentu tidak selalu berjalan dengan mulus. XYZ dalam pelaksanaannya mengalami
beberapa rintangan, yaitu banyaknya persaingan dan pada bulan-bulan tertentu siswa yang
mendaftar untuk mengikuti program XYZ mengalami penurunan.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan berupa inovasi ang dapat membantu XYZ
dalam meningkatkan jumlah peserta didik yang menggunakan XYZ dan membantu XYZ untuk
menambah pendapatannya, yang sebagian dari hasil pendapatan tersebut 80% digunakan untuk
kegiatan social, yaitu sekolah gratis untuk Pendidikan Anak Usia Dini untuk masyarakat disekitar
tempat XYZ berada. Penelitian ini pun dilakukan dengan menggunakan pendekatan model bisnis
canvas, yang dimana model bisnis ini dapat membantu dalam memperbaiki model bisnis yang ada.
Sehingga, dapat memberikan inovasi model bisnis yang dapat digunakan oleh XYZ untuk
mengatasi permasalahan yang dialami XYZ saat ini.
Inovasi yang dapat dilakukan terhadap model bisnis XYZ, yaitu dengan memberikan layanan baru
yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen, sehingga XYZ dapat
meningkatkan jumlah pengguna layanan XYZ dan memberikan sumber pendapatan baru untuk
XYZ, yaitu dengan membuka layanan belajar secara tatap muka, baik di dalam kelas maupun
program private. Analisis dilakukan dengan cara mencari bisnis isu, melakukan pendekatan
terhadap kebutuhan konsumen, dan melakukan perencanaan untuk model bisnis baru.