digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pendidikan merupakan salah satu hal penting di Indonesia, salah satunya dapat dilihat dari minat siswa sekolah menengah atas untuk terus mengejar cita-citanya dengan cara melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, yaitu jenjang universitas. Berdasar pada kepedulian terhadap pendidikan. XYZ berdiri untuk membantu siswa sekolah menengah atas yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan memberikan kemudahan melalui bimbingan belajar yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Sebagai perusahaan yang profit for benefit XYZ menggunakan sebagian pendapatannya untuk kegiatan social. Akan tetapi, kepedulian XYZ tersebut tentu tidak selalu berjalan dengan mulus. XYZ dalam pelaksanaannya mengalami beberapa rintangan, yaitu banyaknya persaingan dan pada bulan-bulan tertentu siswa yang mendaftar untuk mengikuti program XYZ mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan berupa inovasi ang dapat membantu XYZ dalam meningkatkan jumlah peserta didik yang menggunakan XYZ dan membantu XYZ untuk menambah pendapatannya, yang sebagian dari hasil pendapatan tersebut 80% digunakan untuk kegiatan social, yaitu sekolah gratis untuk Pendidikan Anak Usia Dini untuk masyarakat disekitar tempat XYZ berada. Penelitian ini pun dilakukan dengan menggunakan pendekatan model bisnis canvas, yang dimana model bisnis ini dapat membantu dalam memperbaiki model bisnis yang ada. Sehingga, dapat memberikan inovasi model bisnis yang dapat digunakan oleh XYZ untuk mengatasi permasalahan yang dialami XYZ saat ini. Inovasi yang dapat dilakukan terhadap model bisnis XYZ, yaitu dengan memberikan layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen, sehingga XYZ dapat meningkatkan jumlah pengguna layanan XYZ dan memberikan sumber pendapatan baru untuk XYZ, yaitu dengan membuka layanan belajar secara tatap muka, baik di dalam kelas maupun program private. Analisis dilakukan dengan cara mencari bisnis isu, melakukan pendekatan terhadap kebutuhan konsumen, dan melakukan perencanaan untuk model bisnis baru.