Article Details

ANALISIS PERILAKU KONSUMEN BERDASARKAN PERUSAHAAN PENYEDIA DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN JARINGAN GAS RUMAH TANGGA KOTA PALEMBANG

Oleh   Riris Renta Tutamana Sinaga [15415036]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Niken Prilandita, S.T., M.Sc.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : SAPPK - Perencanaan Wilayah dan Kota
Fakultas : Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)
Subjek :
Kata Kunci : diversivikasi energi, jargas, perilaku konsumen, pelayanan, kebijakan.
Sumber :
Staf Input/Edit : Alice Diniarti  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-03-19 20:43:10

Pemerintah Indonesia sedang melakukan upaya percepatan pembangunan infrastruktur jaringan gas (jargas) untuk mendukung program diversifikasi energi dalam rangka mengurangi ketergantungan terhadap import LPG dan beralih ke penggunaan alternatif gas bumi untuk sektor rumah tangga. Untuk itu dilakukan penelitian mengenai perilaku konsumen jaringan gas pipa yang berkontribusi dalam peningkatan jumlah pelanggan gas pipa. Dilakukan analisis proses pengambilan keputusan, penilaian tingkat kinerja dan tingkat kepentingan, serta penilaian tingkat kepuasan pelanggan. Hasil dari analisis proses pengambilan keputusan adalah keberadaan jargas yang memberikan manfaat kepada pelanggan dalam hal lebih hemat, murah dan praktis jika dibandingkan dengan LPG. Masyarakat juga telah menerima jargas dengan sumber informasi utama berasal dari Pemerintah Setempat. Hasil dari analisis tingkat kinerja, kepentingan serta kepuasan ditambah dengan hasil dari analisis perilaku konsumen adalah atribut keamanan dan harga merupakan atribut paling penting ketika masyarakat memutuskan untuk menggunakan jargas dan memiliki kinerja yang baik. Kedua analisis ini akan ditabulasisilangkan dengan kondisi aktual di lapangan berdasarkan hasil pengamatan dan tambahan dari artikel media massa. Hasil dari tabulasi silang ini adalah atribut harga dan keamanan memang penting dan terlihat dari keadaan di lapangan bahwa masih banyak masyarakat yang menganggap jargas tidak aman dan mahal. Rekomendasi terhadap kebijakan – kebijakan terkait peningkatan pelayanan jargas adalah sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah berkontribusi dalam penuntasan masalah ketidaksetaraan informasi yang diterima antar masyarakat Kota Palembang. Selain itu, keberadaan dua badan usaha, bahwa dengan kesetaraan pelayanan yang diberikan oleh kedua badan usaha ini, mereka dapat saling berbagi tugas. PGN dalam mengembangkan jaringan utama dan SP2J dalam memenuhi kebutuhan jargas di Kota Palembang. Dengan kebijakan-kebijakan ini, diharapkan masyarakat dapat beralih ke penggunaan alternatif gas bumi untuk sektor rumah tangga dan jumlah pelanggan pun meningkat.