Article Details

ANALISIS KUALITAS INFOGRAFIS PADA AKUN INSTAGRAM KEMDIKBUD.RI

Oleh   Fia Royyana [27117017]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Intan Rizky Mutiaz, M.Ds.;Dr. Agung Eko Budiwaspada, M.Sn.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : FSRD- Desain
Fakultas : Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
Subjek :
Kata Kunci : infografis, instagram, caption, Kemdikbud
Sumber :
Staf Input/Edit : Noor Pujiati.,S.Sos  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-03-17 14:36:00

Dalam rangka mensosialikasikan kebijakan-kebijakan pemerintah, pemanfaatan media sosial menjadi sangat penting. Hal ini didukung dengan hasil penelitian APJII di tahun 2019 yang menyatakan bahwa sebanyak 171,17 juta jiwa masyarakat Indonesia telah terhubung ke internet. Sementara itu, hasil penelitian Litbang SDM Kominfo menyatakan bahwa media sosial yang paling banyak diminati adalah instagram, twitter dan facebook. Lebih jauh, penelitian tersebut menyatakan bahwa durasi maksimal pengguna media sosial mencermati konten adalah tiga puluh detik saja. Karena itulah, berdasarkan penelitian tersebut, pemerintah memutuskan membuat konten media sosial dengan format visual, salah satunya adalah infografis. Infografis merupakan visualisasi data yang didesain sedemikian rupa untuk mengkomunikasikan pesan secara ringkas dan menarik. Konten-konten berupa infografis ini telah dipublikasikan melalui akun instagram resmi masing-masing kementerian di Indonesia. Diantara akun-akun instagram kementerian di Indonesia, akun instagram kemdikbud.ri menjadi akun yang paling banyak pengikutnya dengan jumlah satu juta lebih followers. Walau begitu, pemerintah menyatakan bahwa masih ada keraguan terhadap performa infografisinfografis ini. Untuk menjawab keraguan pemerintah mengenai performa infografis-infografis tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kualitas infografis kementerian pada akun instagram. Akun kemdikbud.ri dipilih menjadi objek penelitian karena merupakan akun instagram resmi kementerian dengan followers terbanyak. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga poin, yaitu: (1) Bagaimanakah kualitas infografis Kemdikbud dalam akun instagram kemdikbud.ri? (2) Bagaimanakah relasi antara caption dan infografis Kemdikbud dalam akun instagram kemdikbud.ri? dan (3) Bagaimanakah karakter infografis Kemdikbud dalam akun instagram kemdikbud.ri? Objek penelitian ini adalah sepuluh infografis dari akun instagram kemdikbud.ri yang mempunyai lebih dari seribu likes, terdiri dari satu halaman, mempunyai tema yang berbedabeda, dan diterbitkan pada rentang tahun 2017 hingga 2019. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Terdapat beberapa teori yang digunakan dalam penelitian ini. Teori-teori tersebut akan diolah menjadi parameter kualitas infografis dalam instagram yang dibagi dalam empat dimensi, yaitu dimensi visual, dimensi konten, dimensi pengetahuan, dan dimensi caption. Penelitian menghasilkan tiga temuan. Pertama, diantara sepuluh infografis yang menjadi objek penelitian, sebanyak lima infografis telah memenuhi parameter kualitas infografis yang baik dalam dimensi visual, pengetahuan dan caption. Namun, kualitas infografis dalam dimensi konten masih sangat kurang. Kedua, dalam aspek relasi caption dan infografis, teks caption pada infografis-infografis Kemdikbud digunakan sebagai sarana untuk membingkai konteks dan menambahkan informasi yang ada pada infografis, serta untuk berinteraksi dengan pembaca. Beberapa infografis mempunyai teks yang minim, sehingga informasi yang ditampilkan sangat kurang. Infografis-infografis seperti ini mengandalkan caption untuk menambahkan informasi yang kurang tersebut. Untuk infografis lainnya yang telah memiliki informasi yang cukup lengkap, caption diperlukan sebagai sarana berinteraksi dengan pembaca, dengan tujuan untuk mengajak pembaca menyimak infografis tersebut. Ketiga, berdasarkan tahap penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, terlihat bahwa infografis Kemdikbud mempunyai karakter yang informatif. Gaya bahasa yang baku dan formal serta pemaparan informasi yang detail dilakukan dengan tujuan utama supaya masyarakat benar-benar memahami informasi yang disampaikan dalam infografis tersebut.

Cari