digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2020 TA PP SHOFIYA QURROTU A. 1.pdf)u
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Sebagai individu yang senantiasa membutuhkan kehadiran orang lain, anak penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder) tentunya membutuhkan kemampuan sosial yang cukup sebagai modal untuk dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. Melihat dari data statistik, prevalensi anak penyandang ASD di Indonesia mengalami peningkatan luar biasa, dari 1 per 1000 penduduk menjadi 8 per 1000 penduduk dan melampaui rata-rata dunia yaitu 6 per 1000 penduduk. Menginjak tahun 2016, diperkirakan anak penyandang ASD di Indonesia melampaui angka 140 ribu. Meningkatnya angka tersebut berbanding lurus dengan urgensi penanganan yang semakin naik ke permukaan, salah satunya ialah upaya peningkatan kemampuan interaksi sosial pada anak penyandang ASD. Penelitian ini bertujuan untuk mencari upaya tersebut dalam bentuk perangkat bermain bersama yang sesuai dengan karakteristik anak penyandang ASD, guna mengakselerasikan ketercapaian belajar modal-modal sosial. Luaran penelitian ialah desain perangkat bermain bersama yang dapat diterapkan di lembaga-lembaga anak berkebutuhan khusus maupun dikomersilkan secara luas di pasaran.