digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Chandra Kusaristianto
PUBLIC Irwan Sofiyan

Bahan bakar B-20 merupakan salah satu energi terbarukan yang dipakai oleh PT. Kereta Api Indonesia sebagai bahan bakar pada lokomotif. Salah satu kekhawatiran dalam penggunaan B-20 adalah kompatibilitas material elastomer pada sistem bahan bakar. Tesis ini bertujuan untuk memahami pengaruh dari penggunaan bahan bakar B-20 yang akan dibandingkan dengan B-0 terhadap kompabilitas material o-ring dari saringan bahan bakar pada lokomotif yang digunakan selama tiga bulan (±30.000 km). Pengamatan dan karakterisasi pada o-ring dilakukan untuk mengetahui jenis o-ring yang digunakan, kekerasan dan kompabilitas dari spesimen o-ring. Analisis gugus fungsi dengan fourier transform infrared spectroscopy dan analisis termal dengan thermogravimetric analyzer menunjukkan elastomer yang digunakan terbuat dari jenis elastomer kelompok Nitrile Butadiene Rubber (NBR). Hal ini ditunjukkan oleh adanya serapan pada bilangan gelombang 2368 cm-1 yang merupakan serapan gugus fungsi nitril C?N sebagai gugus karakteristik jenis elastomer kelompok NBR dan temperatur dekomposisi o-ring sebesar 458?C yang masuk dalam rentang temperatur dekomposisi NBR. Elastomer o-ring yang yang menggunakan B-0 selama 3 bulan (±30.000 km), menunjukkan terjadinya penurunan kekerasan sebesar 4%, sedangkan yang menggunakan B-20 menunjukkan penurunan sebesar 10%. Hasil uji swelling menunjukkan o-ring untuk B-0 memiliki derajat swelling 5,9% dan untuk B-20 7,27%.