digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Novika Endini
PUBLIC Dewi Supryati

Halofina merupakan perusahaan rintisan atau startup di bidang financial technology yang menawarkan aplikasi personal financial planning assistant (robo-advisor) berbasis artificial Intelligence (AI) untuk membantu pengguna dalam menyusun rencana keuangan dan strategi investasi. Misi Halofina ialah ikut serta dalam mendorong literasi dan inklusi keuangan di Indonesia melalui solusi berbasis teknologi. Sejak launching bulan Maret 2019 sampai dengan Juni 2019, data menunjukkan bahwa 98% user yang login ternyata tidak melakukan investasi. Hal ini diidentifikasi oleh pihak Halofina, berdasarkan masukan dari user, terdapat berbagai macam permasalahan teknis yang harus diperbaiki. Terhitung bulan Juni 2019, Halofina berusaha untuk memperbaiki user interface-nya salah satunya dengan mengembangkan prototipe dari aplikasi Halofina untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan usability dari aplikasi Halofina. Metode evaluasi usability yang digunakan merupakan kombinasi antara usability testing dan usability inquiry. Dimensi usability yang digunakan yaitu efektivitas, efisiensi, learnability, dan kepuasan pengguna. Teknik evaluasi usability yang digunakan adalah pengukuran performa (performance measurement), kuesioner standar berupa Questionnaire for User Interface Satisfaction (QUIS), retrospective think-aloud (RTA), dan Focus Group Discussion. Penelitian dilakukan terhadap 10 orang partisipan yang terbagi atas kelompok pemula dan kelompok non-pemula. Perekrutan partisipan menggunakan kombinasi antara convenience sampling dan purposive sampling serta pengambilan data dilakukan pada kantor Halofina. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototype dari aplikasi Halofina memiliki nilai efektivitas dan kepuasaan pengguna yang baik namun terdapat beberapa permasalahan terkait efisiensi serta permasalahan yang diungkapkan melalui retrospective think aloud dan focus group discussion. Penelitian ini telah merancang 21 usulan perbaikan dari 52 masalah usability yang diidentifikasi dari data RTA, FGD, dan Error untuk meningkatkan usability dari aplikasi Halofina.