Article Details

KEMBALI KE DASAR: SEBUAH KAJIAN ATAS EKSPEKTASI PENGIKLAN TERHADAP BRAND AGENCY DENTSU AEGIS NETWORK (DAN) DI INDONESIA

Oleh   Ruli Himawan Nugroho [29115515]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Yudo Anggoro, M.S.M., Ph.D.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Periklanan, Bisnis Periklanan, Bbiro Periklanan, Bisnis Layanan
Sumber :
Staf Input/Edit : Roosalina Vanina Viyazza  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-03-14 10:16:24

Untuk dapat memperkuat layanan jasa periklanannya di ranah global, Dentsu Inc., perusahaan periklanan Jepang yang berkantor utama di Tokyo dan salah satu dari perusahaan pemilik jaringan biro periklanan layanan penuh dengan pendapatan terbesar di dunia, membangun unit operasional global baru dengan mengakuisis Aegis Group. Proses akuisisi rampung di 2013, dan lahirlah Dentsu Aegis Network (DAN) Ltd. yang berkantor pusat di London. Meski merupakan salah satu perusahaan periklanan terbesar di Indonesia yang memiliki beragam layanan jasa marketing dan periklanan dalam satu atap, manajemen dari DAN di Indonesia paham bahwa selalu ada tantangan tersendiri yang harus dihadapi. Sangatlah penting bagi DAN Indonesia untuk memahami perubahan ekpektasi dari para pengiklanan, dan hal-hal apa saja yang mempengaruhi ekspektasi tersebut untuk bias mengantisipasi arah dan arus perubahan dan mempertahankan kepercayaan pengiklan dalam semua saat. Melalui riset kualitatif, kajian ini berupaya menemukan indikasi dari ekspetasi-ekspektasi baru yang muncul terhadap perusahaan-perusahaan periklanan di dalam jaringan DAN Indonesia. Terdapat 2 ekspektasi utama yang muncul: (1) perusahaan periklanan DAN Indonesia perlu dapat mengoptimalkan kecepatan mengeksekusi, dan (2) perusahaan periklanan perlu dapat mengajukan layanan strategi dan konsep kreatif yang lebih mendalam dan membawa dampak bisnis yang lebih baik. Bisa disimpulkan bahwa untuk dapat menjaga aliran nilai-nilai baru ke bisnis DAN Indonesia, Perusahaan periklanan DAN Indonesia perlu dapat melakukan upaya serius untuk melakukan pengembangan positioning dari proposisi layanan mereka. Apabila hal ini tidak dapat dilakukan, ini akan membuat nilai-nilai yang penting bagi bisnis DAN Indonesia beralih perusahaan-perusahaan konsultasi ternama.

Cari