digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Yoke Adrian
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Yoke Adrian
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Yoke Adrian
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Yoke Adrian
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Yoke Adrian
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Yoke Adrian
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Yo! Holiday adalah perusahaan yang bergerak di dunia ticketing pada awalnya, namun mulai bergeser menjadi perusahan pariwisata outbond tour dikarenakan terancamnya bisnis tiket oleh online travel agent. Dibangun pada akhir tahun 2012, walaupun laju pertumbuhannya naik tetapi masih tetap dibawah target yang ditetapkan oleh pimpinan perusahaan. Oleh karena itu, analisa eksternal dan analisa internal dilakukan untuk mengetahui akar permasalahan sehingga dapat meningkatkan penjualan paket tour Yo! Holiday. Analisa eksternal yang dilakukan meliputi analisa PESTLE, analisa Porter’s Five Forces, analisa competitor, dan analisa pembeli. Sedangkan analisa internal terdiri dari analisa VRIO, analisa STP (Segmentasi, Targeting, Positioning), dan analisa marketing mix. Untuk mendapatkan analisa tersebut dilakukan riset dengan data primer dan data sekunder, penelitian metoda kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisa eksternal dan internal, diperoleh analisa SWOT lalu dituangkan ke dalam matriks TOWS. Adapun akar permasalahan yang dihadapi Yo! Holiday adalah kurangnya training karyawan, kurangnya promosi, kurangnya aktifitas marketing, tidak update di media soisal, SOP yang kurang pas, dan kesalahan mentarget market. Oleh karena itu, penulis mengusulkan untuk membuat proposisi nilai dalam bentuk strategi bauran pemasaran, modisikasi STP, implementasi digital marketing, komunikasi marketing terintegrasi, dan pendekatan youth, woman, dan natizen. Dengan diberikannya rekomendasi-rekomendasi, diharapkan terjadi aktifias marketing yang lebih baik sehingga dapat menaikan penjualan dan menambah profit bagi perusahaan.