digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2020 TA PP DWIKA PRATHAMA 1.pdf ]
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Kasus kurangnya minat baca di negara Indonesia sangat banyak dibandingkan dengan negara-negara lain. Kondisi minat baca anak-anak di Indonesia yang minim tersebut patut untuk dipertanyakan, baik yang ditanamkan di sekolah maupun praktik umum yang dilakukan di rumah. Aktivitas membaca bagi anak adalah salah satu bentuk perilaku yang mampu menunjang aspek tumbuh kembangnya dan dapat mencerminkan bagaimana anak berinteraksi dengan lingkungannya ketika dewasa, hal tersebut memiliki nilai penting sebagai tolak ukur kesuksesan masa depan mereka. Hingga saat ini masih belum ada fasilitas di Indonesia yang terbukti menunjang aspek-aspek tumbuh kembang anak bersamaan dengan minat bacanya di fasilitas-fasilitas penunjang minat baca yang sudah ada. Dengan tujuan dasar meningkatkan minat baca anak-anak Indonesia di usia sekolah, After School Activity Center didirikan dengan pendekatan pada aspek tumbuh kembang anak..