digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Hanif Prasetia
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Muhammad Hanif Prasetia
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Muhammad Hanif Prasetia
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Muhammad Hanif Prasetia
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Muhammad Hanif Prasetia
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Muhammad Hanif Prasetia
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Muhammad Hanif Prasetia
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Muhammad Hanif Prasetia
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Dalam tugas akhir ini dilakukan analisis off-design turbin aksial untuk mengetahui performa turbin dari turbojet micro komersial yang ada di pasar. Analisis ini nantinya dapat diaplikasikan untuk membuat replika dari turbin tersebut atau untuk membuat inovasi yang berkaitan dengan turbin tersebut. Metode yang digunakan dalam analisis turbin ini adalah metode numerik menggunakan computational fluid dynamics (CFD).Turbin aksial yang dianalisis memiliki diameter hub 35 mm, diameter tip 70 mm dengan jumlah sudu NGV dan rotor masing-masing 15 dan 23 Geometri rinci dari turbin diperoleh melalui proses 3D scanning menggunakan alat vivid 9i. Analisis CFD dilakukan dengan menggunakan software ANSYS pada kondisi analisis steady 3D dengan model turbulensi SST. Kondisi batas yang digunakan adalah tekanan total pada inlet, tekanan statik pada outlet, dan kondisi tak slip pada semua permukaan/dinding. Hasil yang didapatkan dari analisis ini berupa grafik performa turbin, grafik effisiensi turbin dan segitiga kecepatan turbin. Hasil simulasi menunjukkan bahwa penambahan RPM berpengaruh terhadap penambahan effisiensi turbin namun tidak menunjukkan pengaruh signifikan pada turbin ketika mengalami choking sedangkan ekspansion ratio pada turbin tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap effisiensi turbin namun penambahan rasio tekanan akan menambah aliran massa dari turbin hingga mengalami choking. Setelah mengalami choking penambahan nilai rasio tekanan tidak mempengaruhi jumlah aliran massa.