Industri aviasi adalah salah satu industri yang paling dibutuhkan pada era
globalisasi ini. Bagi pebisnis dan pemerintahan, jasa transportasi aviasi yang
tersedia belum bisa memenuhi kebutuhan mereka yang memiliki mobilitas tinggi.
Untuk memenuhi permintaan tersebut, terbentuklah Fractional Aircraft
Ownership (FAO). FAO adalah jasa penerbangan yang menggunakan konsep
kepemilikan pesawat secara bersama dengan membagi penggunaan pesawat
berdasarkan bagian saham yang dimilikinya yang disebut anggota FAO. Kegiatan
FAO dilaksanakan oleh manajemen FAO yang mengumpulkan permintaan
penerbangan setiap anggota yang diajukan pada awal bulan. Penerbangan
dilakukan secara privat, sehingga sesama anggota tidak dapat menggunakan
pesawat atau jadwal yang sama. Masa kontrak sistem FAO ini berlangsung selama
5 tahun. Akan tetapi terdapat kemungkinan yang tidak dapat dihindarkan seperti
pengurangan biaya operasional dalam memenuhi permintaan dan delay
penerbangan. Hal ini berakibat pengurangan jadwal penerbangan. Agar tidak
terjadi ketidaknyamanan bagi anggota maka dibentuk skema saham prioritas agar
anggota yang mempunyai saham dominan tidak banyak dibatalkan. Dalam tugas
akhir ini akan digunakan aplikasi dari fuzzy linear programming untuk
menentukan banyaknya pembatalan penerbangan dari kendala yang ada serta
penentuan rate of return maksimal dari kemungkinan berbagai kombinasi
banyaknya anggota serta saham yang mereka miliki.