digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Alvin Trianto Atmojo
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Industri aviasi adalah salah satu industri yang paling dibutuhkan pada era globalisasi ini. Bagi pebisnis dan pemerintahan, jasa transportasi aviasi yang tersedia belum bisa memenuhi kebutuhan mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Untuk memenuhi permintaan tersebut, terbentuklah Fractional Aircraft Ownership (FAO). FAO adalah jasa penerbangan yang menggunakan konsep kepemilikan pesawat secara bersama dengan membagi penggunaan pesawat berdasarkan bagian saham yang dimilikinya yang disebut anggota FAO. Kegiatan FAO dilaksanakan oleh manajemen FAO yang mengumpulkan permintaan penerbangan setiap anggota yang diajukan pada awal bulan. Penerbangan dilakukan secara privat, sehingga sesama anggota tidak dapat menggunakan pesawat atau jadwal yang sama. Masa kontrak sistem FAO ini berlangsung selama 5 tahun. Akan tetapi terdapat kemungkinan yang tidak dapat dihindarkan seperti pengurangan biaya operasional dalam memenuhi permintaan dan delay penerbangan. Hal ini berakibat pengurangan jadwal penerbangan. Agar tidak terjadi ketidaknyamanan bagi anggota maka dibentuk skema saham prioritas agar anggota yang mempunyai saham dominan tidak banyak dibatalkan. Dalam tugas akhir ini akan digunakan aplikasi dari fuzzy linear programming untuk menentukan banyaknya pembatalan penerbangan dari kendala yang ada serta penentuan rate of return maksimal dari kemungkinan berbagai kombinasi banyaknya anggota serta saham yang mereka miliki.