Article Details

PENENTUAN RATE OF RETURN OPTIMAL DAN MINIMASI FLIGHT CANCELLATION BAGI OWNER PRIORITAS PADA PENERBANGAN FRACTIONAL AIRCRAFT OWNERSHIP

Oleh   Alvin Trianto Atmojo [10115096]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Novriana Sumarti, S.Si., M.Si., Ph.D.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : FMIPA - Matematika
Fakultas : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Subjek :
Kata Kunci : Fractional Aircraft ownership, anggota prioritas, rate of return, saham, fuzzy linear programming, pembatalan penerbangan.
Sumber :
Staf Input/Edit : Dwi Ary Fuziastuti  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-03-04 10:02:30

Industri aviasi adalah salah satu industri yang paling dibutuhkan pada era globalisasi ini. Bagi pebisnis dan pemerintahan, jasa transportasi aviasi yang tersedia belum bisa memenuhi kebutuhan mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Untuk memenuhi permintaan tersebut, terbentuklah Fractional Aircraft Ownership (FAO). FAO adalah jasa penerbangan yang menggunakan konsep kepemilikan pesawat secara bersama dengan membagi penggunaan pesawat berdasarkan bagian saham yang dimilikinya yang disebut anggota FAO. Kegiatan FAO dilaksanakan oleh manajemen FAO yang mengumpulkan permintaan penerbangan setiap anggota yang diajukan pada awal bulan. Penerbangan dilakukan secara privat, sehingga sesama anggota tidak dapat menggunakan pesawat atau jadwal yang sama. Masa kontrak sistem FAO ini berlangsung selama 5 tahun. Akan tetapi terdapat kemungkinan yang tidak dapat dihindarkan seperti pengurangan biaya operasional dalam memenuhi permintaan dan delay penerbangan. Hal ini berakibat pengurangan jadwal penerbangan. Agar tidak terjadi ketidaknyamanan bagi anggota maka dibentuk skema saham prioritas agar anggota yang mempunyai saham dominan tidak banyak dibatalkan. Dalam tugas akhir ini akan digunakan aplikasi dari fuzzy linear programming untuk menentukan banyaknya pembatalan penerbangan dari kendala yang ada serta penentuan rate of return maksimal dari kemungkinan berbagai kombinasi banyaknya anggota serta saham yang mereka miliki.