digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Samuel Suyono Marpaung
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Samuel Suyono Marpaung
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Samuel Suyono Marpaung
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Samuel Suyono Marpaung
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Samuel Suyono Marpaung
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Samuel Suyono Marpaung
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Program Loyalitas adalah sebuah strategi pemasaran berdasarkan penawaran insentif dengan tujuan mengamankan nasabah loyal untuk menjadi penjual. Perolehan penghargaan atau hadiah berbanding lurus dengan seberapa sering nasabah melakukan pembelian produk atau jasa, sehingga program ini sering disebut juga program pemberian berkala atau program berhadiah. Program loyalitas dalam area bisnis menunjukkan pendekatan yang berbeda dibanyak aspek yang berhubungan dengan strategi. Yang Pertama berhubungan dengan tujuan dari program loyalitas itu sendiri, yaitu untuk menjadikan nasabah yang ada menjadi nasabah loyal, sebagai poin utama. Yang kedua, keberadaan nasabah yang loyal menawarkan keunggulan untuk perusahaan untuk menghasilkan laba. Program Loyalitas Bank BCU yang berbasis poin telah diluncurkan tetapi menunjukkan angka konversi yang relatif kecil sebesar 32 %. Sasaran penelitian ini adalah untuk mengetahui akar permasalahan mengapa konversi Loyalty Program Based on Point Bank BCU rendah? dan pengembangan strategis apa yang direkomendasikan untuk Loyalty Program Based on Point Bank BCU untuk meningkatkan konversinya? Ukuran konversi adalah ukuran konversi dari Aplikasi BCU Mobile menjadi Loyalty Program Based on Point Bank BCU. Jadi disamping menemukan akar masalah dari angka konversi yang kecil penelitiaan ini harus merekomendasikan pengembangan strategis yang cocok. Beberapa pendekatan digunakan untuk membangun sebuah framework untuk dapat menjawab permasalahan bisnis. Diawali dengan membahas kekuatan dan kelemahan perusahaan, analisa lingkungan eksternal, analisa pesaing, dan analisa nasabah. Survey menggunakan kuesioner digunakan untuk melakukan analisa nasabah dengan tujuan utama untuk mendapatkan Perceived Value (PC) dari Loyalty Program Based on Point Bank BCU dan pengukuran marketing mix menggunakan teori 4P. Penelitian ini diakhiri dengan menjawab pertanyaan pada permasalahan bisnis yang hasilnya adalah rekomendasi pengembangan strategis dari fitur produk dan aktivitas promosi.