digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2020 TA PP REGINA ALYSSA 1.pdf?
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Kereta Api Argo Parahyangan merupakan salah satu jasa kereta penumpang antarkota untuk perjalanan Jakarta dan Bandung. Kereta api, baik dalam kota maupun antar kota, memiliki beberapa fasilitas dasar yang wajib untuk diberikan kepada penumpang, dan restorasi merupakan salah satu diantaranya. Penjualan dengan troli makanan merupakan bagian dari restorasi, dimana kehadiran media pengantar tersebut memudahkan penumpang dalam membeli serta memberikan pemasukkan lebih bagi PT Reska Multi Usaha sebagai penyelenggara. Meski demikian, troli makanan tersebut masih memiliki beberapa kendala yang turut mempengaruhi penggunaan dan penjualan, serta impresi pengguna jasa terhadap fasilitas yang diberikan oleh pihak penyelenggara jasa transportasi kereta api. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa troli makanan yang digunakan prama dan prami PT Reska Multi Usaha pada saat ini dengan menggunakan metode survei, observasi dan wawancara, yang kemudian menghasilkan sebuah desain akhir troli makanan yang lebih minimalis, organis dan mengangkat citra Parahyangan. Desain baru tersebut tidak hanya diharapkan untuk menarik perhatian penumpang agar membeli barang-barang yang ditawarkan oleh pihak restorasi, namun turut memberikan kemudahan kepada prama/i saat menggunakan ketika bertugas, serta meningkatkan kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan pelanggan kepada layanan yang diberikan.