digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Muhamad Raisully
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Muhamad Raisully
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Muhamad Raisully
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Muhamad Raisully
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Muhamad Raisully
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Muhamad Raisully
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Bisnis distribusi gas bumi di Indonesia sangat dipengaruhi oleh kebijakan dan regulasi. Pada tahun 2020, ada dua regulasi yang akan diterapkan. Peraturan pertama adalah mengatur perhitungan harga gas untuk pedagang yang menjual gas ke pelanggan mereka. IRR proyek dan margin perdagangan dibatasi oleh peraturan. Regulasi kedua adalah mengatur area Distribusi dan menentukan pengembang area tersebut. Area distribusi akan dimonopoli oleh pengembang. Jadi, perdagangan gas bumi adalah bisnis yang menarik namun diatur sejak dari produksi di sumur gas hingga ke pabrik pelanggan. Tujuan dari makalah ini adalah untuk menemukan strategi bisnis untuk RAYGAS, perusahaan pedagang gas alam. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode kualitatif dengan menganalisis faktor eksternal dan internal. Makalah ini menganalisis perhitungan ekonomi untuk menentukan faktor kunci yang mempengaruhi bisnis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah merumuskan rencana implementasi untuk RAYGAS untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.