digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Ifnu Bima Fatkhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Ifnu Bima Fatkhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Ifnu Bima Fatkhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Ifnu Bima Fatkhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Ifnu Bima Fatkhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Ifnu Bima Fatkhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Di era disrupsi teknologi dan kecepatan inovasi yang tinggi, kompetisi menjadi semakin ketat, inovasi yang hanya berfokus pada kualitas produk sudah tidak mencukupi lagi. Sekarang ini, semua orang bisa meniru produk apapun dalam waktu yang semakin singkat. Kemampuan untuk berinovasi di area selain kualitas produk menjadi sangat krusial. Inovasi menjadi semakin penting untuk perusahaan di seluruh dunia. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat semua produk semakin mudah ditiru, hal ini menyebabkan keunggulan berbasis kualitas produk menjadi semakin sebentar saja. Jadi, perusahaan perlu mempercepat kemampuan berinovasi dan memperlebar area inovasi di luar keunggulan kualitas produk. Inovasi Model Bisnis menyediakan cara kerja untuk perusahaan agar bisa menemukan inovasi di luar keunggulan produk. Area seperti struktur organisasi, pengalaman pelanggan, cara mendapatkan profit, merek dagang dan lainnya menjadi penting untuk diteliti agar meningkatkan keunggulan kompetitif di luar kualitas produk. Penelitian ini berfokus untuk memetakan model bisnis sekarang dari vidio.com, menganalisis bisnis model kompetitor dan menemukan lebih banyak inovasi model bisnis untuk meningkatkan keunggulan kompetitif vidio.com. Inisiatif untuk berinovasi di luar kualitas produk sudah dimulai awal 2019 dan penelitian ini ditujukan untuk membantu inisiatif tersebut agar lebih cepat lagi. Penelitian ini menghasilkan pemetaan yang jelas tentang bisnis model vidio.com sekarang, analisis kompetitor dan rekomendasi apa saja inovasi model bisnis yang bisa dilakukan vidio.com dalam beberapa tahun ke depan. Eksekusi yang baik terhadap rekomendasi dari penelitian ini diharapkan bisa membantu vidio.com mencapai tujuan bisnis sebagai penyedia layanan video daring terdepan. Dalam jangka waktu lebih panjang, penelitian ini bisa menambah kemampuan organisasi vidio.com dalam memvisualisasikan inovasi model bisnis sehingga kecepatan berinovasi menjadi lebih tinggi.