digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penyedia jasa telekomunikasi menghadapi era disrupsi teknologi khususnya oleh penyedia OTT (Over-the-top) yang terus menggerus industri telekomunikasi. Telkom sebagai operator telekomunikasi incumbent di Indonesia telah berupaya melakukan diversifikasi bisnis menuju bisnis digital namun keuntungan yang di dapat masih rendah. GameQoo.id sebagai produk digital baru yang dimiliki oleh Telkom memiliki pasar yang potensial namun menghadapi kesulitan dalam melakukan komersialisasi produknya dengan tingkat market acceptance yang rendah. MMR (Mixed Method Research) digunakan dalam penelitian untuk memperoleh informasi dalam mengidentifikasi alternatif perbaikan, data primer dilakukan melalui penilaian oleh ahli untuk menilai dan menganalisa pasar di level makro dan mikro, analisa sumber daya dan kapabilitas juga dilakukan untuk menentukan keunggulan kompetitif perusahaan, survey dengan cara melalui kuesioner pun dilakukan untuk mencari faktor pengaruh dalam minat pelanggan menggunakan produk cloud gaming. Hasil menunjukan bahwa kegiatan pemasaran yang dilakukan masih rendah dengan kemampuan financial yang rendah. Berdasarkan kajian statisik, diketahui pula bahwa seluruh variabel independen (persepsi kegunaan, persepsi kesenangan, persepsi biaya dan persepsi teknis) memiliki pengaruh positif dalam membentuk nilai pelanggan terhadap jasa cloud gaming. Usulan strategi pemasaran berdasarkan hasil analisa diantarnya adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar juga pengembangan produk dibutuhkan untuk meyakinkan investor dalam hal ini Telkom Indonesia. GameQoo perlu untuk melakukan perbaikan komunikasi pemasaran dengan mengkomunikasikan nilai emosional dan keuntungan dari atribut produknya dengan desain komunikasi “Slice of Life” atau testimonial pelanggan yang dapat mempengaruhi pelanggan dalam berlangganan cloud gaming. Strategi penerapan harga dengan freemium dikombinasikan dengan iklan dapat menjadi cara dalam memperoleh keuntungan. Rencana pemasaran yang tepat, GameQoo memiliki peluang yang lebih besar dalam mengusulkan anggaran kepada product owner yaitu Telkom Indonesia. Penerapan strategi pemasaran yang tepat penting dalam merespon isu bisnis perusahaan dalam lingkungan bisnis yang dinamis khususnya dalam memperkenalkan produk baru. Rencana implementasi akan membantu GameQoo dalam menentukan serangkaian aktifitas pemasaran di tingkatan taktis dengan rencana yang terjadwal, penanggung jawab yang jelas, sumber daya dan anggaran yang dibutuhkan.