Article Details

PENGEMBANGAN PRODUK BARU DAN STRATEGI PEMASARAN: STUDI KASUS USAHA TRIBUTE WATCH

Oleh   Muhammad Yusuf Fernaldy [19216034]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Amilia Wulansari S.Si., M.Si.
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : SBM - Kewirausahaan
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Usaha Mikro Busana, Pengembangan produk baru, konsep AIDA, Persona Pelanggan, Iklan Digital
Sumber :
Staf Input/Edit : Taupik Abidin  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-02-12 13:30:48

Busana adalah salah sektor industri kreatif dengan salah satu kontribusi terbesar untuk produk domestic bruto (PDB) dengan sumbangan sebesar 18.15 persen di industri kreatif diantara 15 sektor industry lainnya. Sebagai sektor kedua terbesar di ekonomi kreatif, industri busana memiliki potensi yang menjanjikan. Hingga July 2018 industri busana telah menghasilkan 8.2 Triliun USD dalam ekspor. Angka ini meningkat 8.7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Retail busana membutuhkan modal lebih sedikit dibandingkan industri lain nya (Thanatassa). Karena membutuhkan modal lebih sedikit, banyak pendatang baru yang memulai usaha busana. Industri busana memiliki banyak lini usaha. Dengan banyak nya gaya busana, jam tangan merupakan salah satu lini busana yang paling mudah untuk dipadukan dengan berbagai jenis busana, membuat jam tangan menjadi produk yang paling diinginkan. Dengan tinggi nya tingkat persaingan di pasar jam tangan, perencanaan yang hati-hati dan strategi sempurna untuk produk sangat penting untuk memenangkan persaingan. Tribute Watch adalah salah satu perusahaan busana yang ingin mengembangkan produk baru untuk pelanggan nya. Dengan mengembangkan produk baru, Tribute Watch ingin memperbaiki produk nya saat ini dan mengungguli pasar. Peneliti menggunakan konsep AIDA untuk membuat persona pelanggan. Dari data tersebut peneliti akan menciptakan konsep produk berdasarkan persona pelanggan dan keinginan persona. Setelah konsep produk dibuat, peneliti akan membuat strategi pemasaran berdasarkan customer journey dari persona pelanggan Tribute Watch. Studi ini menggunakan pendekatan qualitative dengan melakukan interview dengan pengguna Tribute Watch. Hasil interview akan dianalisis menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah produk Tribute Watch yang baru akan mendapatkan beberapa fitur baru seperti tanggal, strap baru, ketahanan terhadap air. Tribute Watch akan memberikan memasarkan produk nya sebagai jam yang bisa dipakai di setiap situasi. Untuk strategi pemasaran, Tribute akan fokus pada pemasaran online, terutama di iklan digital. Konten pemasaran Tribute Watch akan berisi konten berdasarkan AIDA model yang merupakan langkah langkah yang sistematis untuk menarik pelanggan.