digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Home Health Care merupakan business yang memiliki prospek yang cerah di masa depan. Business ini dibutuhkan untuk menjawab tantangan semakin tingginya biaya kesehatan yang dikeluarkan untuk memelihara status kesehatan mayarakat, khususnya penduduk yang berusia lanjut. Business ini juga dapat menyelesaikan masalah perubahan demografi, dimana rasio anak terhadap orang tua semakin kecil. Hal ini membuat keluarga yang tersedia untuk merawat orang tua semakin sedikit. Home Health care dirancang dengan menyediakan tenaga medis profesional di rumah pasien. Alih-alih menggunakan layanan umum, pasien diizinkan untuk tinggal di rumah. Perawatan kesehatan di rumah dianggap sebagai solusi untuk kebutuhan populasi lansia yang tumbuh cepat. Prime Home Health care sedang menciptakan strategi untuk memenangkan kompetisi bisnis. Laporan ini membahas strategi pemasaran dan strategi bisnis. Analisis eksternal dan internal akan digunakan untuk menilai strategi pemasaran. Analisis internal meliputi analisa STP dan Bauran Pemasaran. Analisis eksternal mencakup analisis PESTEL, dan analisis Persaingan serta analisa Konsumen. Setelah penilaian eksternal dan internal, dilanjutkan dengan analisa Gap dan analisa SWOT. Dari analisa tersebut dikembangkan pendekatan alternatif tertentu untuk Prime Home Health Agency. Strategi alternatif dipilih sesuai dengan kemampuan perusahaan untuk mengimplementasikannya. Pada tahap akhir, solusi dijabarkan dalam bentuk rencana implementasi, sehingga memiliki nilai praktis dan nyata bagi perusahaan.