REZA RAMADANI FIRMAN -abstrak
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos COVER Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos BAB 1 Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos BAB 2 Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos BAB 3 Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos BAB 4A Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos BAB 4B Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos BAB 5 Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos PUSTAKA Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos
Brand Ambassador menjadi salah satu strategi promosi yang sering digunakan oleh
perusahaan sebagai alat yang mengkomunikasikan produk atau jasa kepada publik.
Brand ambassador erat kaitannya dengan sosok selebriti yang dijadikan sebagai
ikon dari produk atau jasa, tidak hanya sebagai ikon saja, sosok selebriti dijadikan
sebagai bintang iklan untuk membantu mempromosikan merek dagang suatu
perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sosok Dian Sastro
sebagai brand ambassador yang dijadikan sebagai media penyampaian pesan
dalam kampanye iklan Bukalapak, dan mengevaluasi karakteristik model VisCAP
yang dominan pada saat konsumen memandang sosok Dian Sastro sebagai brand
ambassador Bukalapak. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan. Tahapan
pertama yaitu melakukan studi literatur terdahap penelitian terdahulu, jurnal dan
buku terkait brand ambassador dan model VisCAP. Tahapan kedua mendefinisikan
model VisCAP, mengklasifikasikan empat dimensi VisCAP menjadi 15 pernyataan
melakukan uji pilot test dan melakukan penyebaran data kuesioner melalui google
form. Tahapan ketiga menganalisa hasil kuesioner dengan menggunakan analisis
deskriptif dan anova satu arah.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis
deskriptif untuk mengidentifikasi sosok Dian Sastro sebagai brand ambassador
dalam kampanye iklan Bukalapak, melalui penyebaran kuesioner daring (online)
kepada 161 orang. Proses analisis menggunakan anailis anova oneway untuk
mengevaluasi elemen VisCAP yang dominan dan signifikan ketika konsumen
memandang sosok Dian Sastro sebagai brand ambassador Bukalapak. Sampel yang
digunakan pada penelitian ini yaitu non-probability dengan menggunakan teknik
purposive sampling, melalui pengelolahan data menggunakan perangkat SPSS
versi 25 trial series. Hasil dari penelitian yang didapatkan dimensi credibility dan
attraction menjadi dimensi yang dominan.