digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

REZA RAMADANI FIRMAN -abstrak
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

COVER Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 1 Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 2 Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 3 Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 4A Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 4B Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 5 Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

PUSTAKA Reza Ramadani Firman
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Brand Ambassador menjadi salah satu strategi promosi yang sering digunakan oleh perusahaan sebagai alat yang mengkomunikasikan produk atau jasa kepada publik. Brand ambassador erat kaitannya dengan sosok selebriti yang dijadikan sebagai ikon dari produk atau jasa, tidak hanya sebagai ikon saja, sosok selebriti dijadikan sebagai bintang iklan untuk membantu mempromosikan merek dagang suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sosok Dian Sastro sebagai brand ambassador yang dijadikan sebagai media penyampaian pesan dalam kampanye iklan Bukalapak, dan mengevaluasi karakteristik model VisCAP yang dominan pada saat konsumen memandang sosok Dian Sastro sebagai brand ambassador Bukalapak. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan. Tahapan pertama yaitu melakukan studi literatur terdahap penelitian terdahulu, jurnal dan buku terkait brand ambassador dan model VisCAP. Tahapan kedua mendefinisikan model VisCAP, mengklasifikasikan empat dimensi VisCAP menjadi 15 pernyataan melakukan uji pilot test dan melakukan penyebaran data kuesioner melalui google form. Tahapan ketiga menganalisa hasil kuesioner dengan menggunakan analisis deskriptif dan anova satu arah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif untuk mengidentifikasi sosok Dian Sastro sebagai brand ambassador dalam kampanye iklan Bukalapak, melalui penyebaran kuesioner daring (online) kepada 161 orang. Proses analisis menggunakan anailis anova oneway untuk mengevaluasi elemen VisCAP yang dominan dan signifikan ketika konsumen memandang sosok Dian Sastro sebagai brand ambassador Bukalapak. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu non-probability dengan menggunakan teknik purposive sampling, melalui pengelolahan data menggunakan perangkat SPSS versi 25 trial series. Hasil dari penelitian yang didapatkan dimensi credibility dan attraction menjadi dimensi yang dominan.