Article Details

PERSEPSI KONSUMEN PADA SOSOK DIAN SASTRO SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DALAM KAMPANYE IKLAN BUKALAPAK

Oleh   Reza Ramadani Firman [27117052]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Agung Eko Budiwaspada, M.Sn.;Dr. Achmad Syarief, S.Sn., M.Sc.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : FSRD- Desain
Fakultas : Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
Subjek :
Kata Kunci : Brand Ambassador, Kampanye Iklan, Bukalapak
Sumber :
Staf Input/Edit : Noor Pujiati.,S.Sos  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-02-12 11:34:57

Brand Ambassador menjadi salah satu strategi promosi yang sering digunakan oleh perusahaan sebagai alat yang mengkomunikasikan produk atau jasa kepada publik. Brand ambassador erat kaitannya dengan sosok selebriti yang dijadikan sebagai ikon dari produk atau jasa, tidak hanya sebagai ikon saja, sosok selebriti dijadikan sebagai bintang iklan untuk membantu mempromosikan merek dagang suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sosok Dian Sastro sebagai brand ambassador yang dijadikan sebagai media penyampaian pesan dalam kampanye iklan Bukalapak, dan mengevaluasi karakteristik model VisCAP yang dominan pada saat konsumen memandang sosok Dian Sastro sebagai brand ambassador Bukalapak. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan. Tahapan pertama yaitu melakukan studi literatur terdahap penelitian terdahulu, jurnal dan buku terkait brand ambassador dan model VisCAP. Tahapan kedua mendefinisikan model VisCAP, mengklasifikasikan empat dimensi VisCAP menjadi 15 pernyataan melakukan uji pilot test dan melakukan penyebaran data kuesioner melalui google form. Tahapan ketiga menganalisa hasil kuesioner dengan menggunakan analisis deskriptif dan anova satu arah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif untuk mengidentifikasi sosok Dian Sastro sebagai brand ambassador dalam kampanye iklan Bukalapak, melalui penyebaran kuesioner daring (online) kepada 161 orang. Proses analisis menggunakan anailis anova oneway untuk mengevaluasi elemen VisCAP yang dominan dan signifikan ketika konsumen memandang sosok Dian Sastro sebagai brand ambassador Bukalapak. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu non-probability dengan menggunakan teknik purposive sampling, melalui pengelolahan data menggunakan perangkat SPSS versi 25 trial series. Hasil dari penelitian yang didapatkan dimensi credibility dan attraction menjadi dimensi yang dominan.