Article Details

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN HUNIAN KIA ORA LODGE

Oleh   Hapsari Wulandari [29118023]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Drs. Herry Hudrasyah, MA;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek : General management
Kata Kunci : Industri Pariwisata, Villa, Strategi Pemasaran, Pengembangan Produk
Sumber :
Staf Input/Edit : Yose Ali Rahman   Ena Sukmana
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-02-11 13:55:08

Hiruk pikuk kehudupan perkotaan yang identik dengan kemacetan, kepadatan, dan kesibukan menimbulkan kebosanan. Kebosanan tersebut dapat menimbulkan efek berupa berkurangnya produktivitas dalam bekerja. Fenomena ini memunculkan tren baru untuk melakukan wisata alam karena dianggap memiliki kualitas udara yang lebih baik dan jauh dari kemacetan. Salah satu Kota yang diminati untuk berwisata adalah Bandung. Fenomena itu juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Industri pariwisata adalah salah satu kontributor utama terhadap PDB Indonesia. Dengan fenomena tersebut persaingan wisata menjadi ketat. Kia Ora Lodge sebagai salah satu pelaku industri pariwisata di Bandung masih belum menunjukkan performa bisnis yang baik. Sehingga Kia Ora Lodge mencoba untuk meningkatkan okupansinya melalui analisis kondisi bisnis saat ini. Peneliti melakukan analisis internal menggunakan analisis Segmenting, Targeting, and Positioning (STP) dan 7P untuk mengetahui kondisi perusahaan saat ini. Kemudian peneliti melakukan analisis eksternal dengan menggunakan Political Factor, Economic Condition, Sociocultural Forces, Technological Factors, Environmental Forces, and Legal Factors (PESTEL), analisis pesaing, dan analisis pelanggan. Analisis pelanggan dilakukan dengan mewawancara pelanggan saat ini dan diharapkan mereka dapat menceritakan pengalamannya ketika menginap di Kia Ora Lodge. Dari kedua analisis tersebut kemudian dikelompokkan menjadi Strenght, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT) untuk menemukan permasalahan utama yang terjadi. Dari hasil analis didapatkan bahwa permasalahan utama yang dihadapi adalah produk yang ditawarkan oleh Kia Ora Lodge belum dapat memenuhi kebutuhan dari pelanggan dan juga belum adanya promosi yang memadai. Kemudian setelah menemukan permasalahan utamanya, peneliti menggunakan analisis TOWS untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Solusi yang didapatkan untuk meningkatkan tingkat okupansi berdasarkan analisis tersebut adalah dengan mengembangkan strategi marketing berupa pengembangan produk dan aktivitas promosi.