Aplikasi layanan pengiriman makanan secara daring membawa perubahan gaya hidup menjadi lebih
praktis dengan menyediakan layanan pemesanan dan pengiriman makanan ke konsumen. Go-Food
merupakan salah satu aplikasi layanan pengiriman makanan di Indonesia sekaligus pemimpin pasar
yang menguasai 75% pangsa pasar aplikasi layanan pengiriman daring pada tahun 2019 di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang terjadi pada layanan Go-Food
berdasarkan pengalaman pengguna dan menganalisa tingkat kepuasan konsumen berdasarkan
pengalaman pengguna tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tujuan
untuk mengeksplorasi lebih dalam kemungkinan-kemungkinan masalah dan sebab akibat masalah
yang pernah dialami pengguna saat menggunakan Go-Food. Penelitian ini melibatkan 15 responden
yang berdomisili di Jakarta dan Bandung. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor
yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu faktor kualitas aplikasi, kualitas layanan pengemudi,
kualitas makanan dan minuman, harga dan promosi, dan kualitas layanan konsumen. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa masalah yang paling banyak terjadi terkait application quality
adalah deteksi lokasi yang kurang akurat dan penilaian restoran yang kurang dapat dipercaya.
Masalah pengemudi yang meminta pembatalan secara sepihak dengan berbagai alasan menjadi
masalah utama dalam kualitas layanan pengemudi. Masalah yang terkait harga dan promosi adalah
perubahan harga atau harga yang tidak konsisten. Terkait kualitas layanan konsumen, pengguna
memiliki penilaian yang berbeda terkait hal tersebut. Berdasarkan penemuan tersebut, peneliti
memberikan beberapa rekomendasi yaitu agar Go-Food dapatmenampilkan harga yang lebih
konsisten dan mencoba meminimalkan perubahan harga dengan memastikan semua restoran
menampilkan harga yang akurat dalam aplikasi yang sudah termasuk pajak sehingga pelanggan tidak
perlu membayar lebih, memberikan diskon atau promosi yang lebih menarik kepada pengguna Go-
Food, lebih komunikatif dan jujur untuk pengemudi Go-Food dan restoran Go-Food, dan pembeli
dapat menulis ulasan restoran sehingga ulasan tidak hanya berdasarkan bintang karena terkadang
peringkat bintang tidak dapat dipercaya, dan rekomendasi lainnya. Rekomendasi ini bertujuan untuk
meningkatkan kualitas pelayanan Go-Food dan meningkatkan tingkat kepuasan konsumen agar tetap
loyal terhadap Go-Food.