digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Nutrigenomik adalah studi tentang hubungan antara faktor genetik dan nutrisi yang memiliki komposisi spesifik dan yang dapat menginduksi ekspresi gen dalam tubuh. Nutrigenomik adalah aplikasi genomik dalam pengembangan teknologi baru, seperti transkriptomik, proteomik, metabolomik, dan epigenomik berdasarkan analisis fungsi gen dan ekspresinya. XYZ Healthcare adalah salah satu rumah sakit dan klinik swasta yang sudah memiliki beberapa cabang yang berlokasi di Jakarta. Salah satu layanan utama mereka adalah mendukung pencegahan penyakit; salah satunya adalah dengan mempromosikan teknologi yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit melalui tes DNA. Saat ini, Rumah Sakit XYZ bermitra dengan Nutrigenome yang merupakan lembaga yang memiliki alat untuk melakukan tes DNA di Indonesia. Rumah sakit mencoba membuat survei pada bulan Maret untuk belajar tentang pasar. Survei mengatakan bahwa 84% responden tidak tahu tentang produk tersebut. Dan hanya 12% dari mereka yang tahu XYZ Hospital memiliki produk. Penulis membuat penelitian dengan menggunakan rantai layanan-laba, kanvas proposisi nilai, dan bauran pemasaran. Tujuan dari tesis ini adalah untuk menciptakan campuran tanda baru dan strategi komunikasi merek. Tesis ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan wawancara mendalam untuk mendapatkan lebih banyak informasi dari pelanggan potensial. Ada beberapa rekomendasi yang penulis buat dalam tesis ini. Pertama, temukan titik penjualan unik nutrigenomik dan gunakan sebagai tagline atau cara untuk mempromosikan produk dan menyentuh pelanggan secara emosional. Penulis mencoba menemukan cara terbaik untuk mengkomunikasikan produk kepada pelanggan. Kedua, gunakan testimonial untuk meningkatkan kepercayaan dengan pelanggan potensial. Dengan wawancara, itu menunjukkan bahwa orang melakukan diet setelah mendengar testimoni dari orang. Testimonial dapat diperoleh dengan dukungan dengan influencer. Perusahaan dapat menggunakan influencer kesehatan, olahraga, dan kulit dalam waktu singkat dan mereka sangat transparan untuk memberikan hasil yang sebenarnya karena influencer membuat posting dan memberikan pengikut tentang hasil pribadi mereka. Jadi jika nutrigenomik dapat memberikan kesaksian, itu akan membantu pelanggan potensial untuk mempercayai rumah sakit. Nutrigenomik terlalu mahal. Orang-orang berharap bahwa program ini akan terlihat seperti pemeriksaan kesehatan. Harga DNAku dekat dengan ekspektasi pasar walaupun mereka membatasi hasil berdasarkan kebutuhan pelanggan. Jadi dengan menggunakan kolaborasi dengan perusahaan lain, Ini akan membantu nutrigenomic untuk mendapatkan lebih banyak pengakuan dan membantu pelanggan untuk mendapatkan nilai lebih karena mereka didukung oleh produk lain. Untuk membangun komunikasi merek yang lebih kuat, penulis juga menyarankan Nutrigenomic membuat akun media sosial.