Article Details

STRUCTURAL LATTICE TOPOLOGY AND MATERIAL OPTIMIZATION FOR BATTERY PROTECTORS IN ELECTRIC VEHICLE SUBJECTED TO GROUND IMPACT USING ARTIFICIAL NEURAL NETWORK AND GENETIC ALGORITHM

Oleh   Alvian Iqbal Hanif Nasrullah [23618015]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Sigit Puji Santosa, MSME;Djarot Widagdo, Ph.D.;Poetro Lebdo Sambegoro, M.Sc., Ph.D.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : FTMD - Teknik Dirgantara
Fakultas : Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
Subjek :
Kata Kunci : crashworthiness, lattice, topology optimization, battery, genetic algorithm, neural network, multiobjective optimization
Sumber :
Staf Input/Edit : Irwan Sofiyan  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-01-22 09:45:21

Kebutuhan manusia akan transportasi semakin meningkat saat ini. Dampak meningkatnya jumlah kendaraan di dunia sangat buruk bagi lingkungan. Kondisi ini membuat banyak ilmuwan dan peneliti tergerak untuk mengeksplorasi bidang teknologi terbarukan sehingga kendaraan masa depan dapat lepas dari ketergantungan pada bahan bakar fosil. Salah satu solusi yang ditemukan adalah kendaraan listrik. Meskipun kendaraan listrik adalah solusi terbaik untuk kendaraan ramah lingkungan, dalam perkembangannya ada banyak tantangan, seperti membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi untuk baterai sebagai sumber energi utama. Namun, baterai mengandung bahan yang sangat sensitif dan dapat meledak ketika Lithium-ion terpapar ke udara sehingga sumber energi ini harus dilindungi dari gangguan eksternal. Oleh karena itu, dikembangkan struktur pelindung yang efektif, baik dalam hal berat dan kemampuannya untuk mengurangi gangguan eksternal, misalnya, karena beban tabrak. Kasus benturan yang terjadi adalah terlemparnya kerikil akibat terinjak ban mobil dan akhirnya menabrak bagian bawah struktur mobil listrik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan struktur pelindung dan menentukan konfigurasi topologi dan material terbaik untuk struktur pelindung baterai. Geometri pelindung adalah struktur lattice berbentuk twisted dengan dua lapisan. Variabel optimasi adalah rasio kerapatan, sudut struktur, dan kekuatan luluh material. Tujuan dari optimasi topologi adalah untuk meningkatkan penyerapan energi spesifik dari pelindung baterai dan meminimalkan pemendekan baterai. Optimasi ini menggunakan jaringan saraf tiruan, algoritma genetika, optimisasi multi-objektif, dan metode TOPSIS. Struktur geometri dengan sudut 66 °, kerapatan relatif 0,8, dan tegangan luluh 41 MPa menghasilkan nilai terbaik untuk optimasi topologi. Konfigurasi ini dapat mengurangi deformasi baterai hingga lebih dari setengah dari struktur sebelum dioptimalkan.

Cari