Article Details

USULAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN UNIT MASUK DI AHASS ABC BANDUNG

Oleh   R Gilang Restriwan Kurnia [29116463]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Drs. Herry Hudrasyah, MA;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek : General management
Kata Kunci : Sepeda Motor, Unit Masuk, Strategi Pemasaran.
Sumber : AHASS ABC
Staf Input/Edit : Neng Kartika   Ena Sukmana
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-01-14 14:42:41

Sepeda motor adalah moda transportasi terpopuler di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, pada tahun 2016 sepeda motor merupakan populasi terbesar dari otomotif yang ada di Indonesia. Honda adalah merek multinasional dari Jepang. Honda dikenal sebagai merek otomotif di Indonesia, khususnya untuk produk sepeda motor. AHASS ABC merupakan salah satu bengkel pemeliharaan resmi Sepeda Motor Honda di Jawa Barat, yang berlokasi di Bandung. AHASS ABC pertama kali beroperasi pada tahun 2003. Selama lebih dari 10 tahun bisnis ini beroperasi, data menunjukkan bahwa AHASS ABC mengalami penurunan unit motor masuk maupun penurunan pendapatan. Berdasarkan data unit motor masuk menunjukkan bahwa pada periode 2015 – 2018 terjadi penurunan unit motor masuk sebesar 23% atau 6.140 unit. Berdasarkan data pendapatan menunjukkan bahwa pada periode 2015 – 2018 terjadi penurunan pendapatan di AHASS ABC sebesar 41% atau Rp. 1.540.864.000. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisa kondisi internal dan eksternal perusahaan. Peneliti menggunakan pula metodologi kualitatif dan kuantitatif dengan melakukan interview dan mendistribusikan kuesioner kepada konsumen yang datang ke AHASS ABC lebih dari dua bulan berdasarkan jangka waktu servis berkala. Rekomendasi yang diberikan peneliti kepada AHASS ABC yaitu strategi penetrasi pasar dengan mengoptimalisasi aktivitas servis kunjung yang dilaksanakan diluar bengkel, meningkatkan batas bawah stok untuk part lambat-gerak yang biasa dipesan rutin oleh konsumen,dan mengoptimalisasi database konsumen untuk menjaga konsumen tetap datang kembali servis di AHASS ABC. Untuk mengoptimalkan solusi tersebut, AHASS ABC perlu untuk menambah orang baru yang berperan sebagai admin CRM. Peneliti juga merekomendasikan AHASS ABC untuk menambah program promosi seperti paket bundling dengan part cepat-gerak dan diskon servis berdasarkan profesi konsumen yang belum dilakukan sebelumnya serta melatih service advisor untuk meningkatkan kemampuan berjualan.