digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Redha Akbar Ramadhan
PUBLIC Irwan Sofiyan

Penggunaan komposit dalam dunia penerbangan sudah menjadi hal yang lazim. Salah satu topik populer dalam dunia komposit penerbangan adalah kasus impak berkecepatan rendahdan kompresi setelah impak. Penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh kondisi support selama impak berkecepatan rendah terhadap kerusakan yang terjadi pada komposit laminat carbon fiber reinforced plastics (CFRPS), dan pengaruh pemodelan zona kohesif terhadap kerusakan yang terjadi dalam komposit laminat.Penilitian ini memanfaatkan metode elemen hingga untuk mensimulasikan dan menganalisis kasus impak berkecepatan rendah dan kompresi setelah impak pada komposit laminat. Objek yang dipilih adalah komposit laminat Hexply AS4/8552 dengan dua konfigurasi kondisi support yang berbeda, yang sebelumnya sudah dianalisis mengenai pengaruh pemodelan zona kohesif. Profil kerusakan berupa delaminasi dan gaya yang bekerja pada komposit saat terjadi impak berkecepatan rendah akan dianalisis melalui hasil simulasi. Gaya kompresi dan perpindahan pelat kompresi pada simulasi kompresi setelah impak akan dianalisis untuk mengetahui fenomena buckling yang terjadi saat kompresi setelah impak pada komposit laminat. Analisis membuktikan kondisi support berpengaruh terhadap kerusakan internal pada komposit laminat. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam penelitian dan simulasi impak berkecepatan rendah dan kompresi setelah impak pada komposit laminat.