digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Vivian Chan
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Vivian Chan
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Vivian Chan
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Vivian Chan
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Vivian Chan
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Vivian Chan
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan

Mal 23 Paskal merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bandung yang memiliki corners card sebagai program loyalitas pelanggannya. Program ini membuat pelanggan dapat mengumpulkan poin dari transaksi yang dilakukan sehingga aktivitas transaksi pelanggan dapat dilacak melalui data yang terkumpul. Data ini dapat dimanfaatkan untuk menganalisis pelanggan dan segmentasi pelanggan untuk menyusun strategi pemasaran. Segmentasi pelanggan dapat dilakukan dengan analisis Recency, Frequency, Monetary (RFM) dan analisis klaster k-means. Berdasarkan hal tersebut, kedua analisis dapat dibandingkan pada studi kasus data pelanggan corners card Mal 23 Paskal. Segmentasi pelanggan dengan analisis RFM memanfaatkan ketentuan skor yang sudah ada sehingga menghasilkan 10 segmentasi. Di sisi lain, segmentasi pelanggan dengan analisis klaster k-means dilakukan beberapa kali simulasi yang menghasilkan 4 segmentasi. Perbedaan utama analisis RFM dengan analisis klaster k-means terletak pada konsep dasar, proses yang dilakukan, tipe keluaran, hasil segmentasi beserta kelebihan dan kekurangan. Segmentasi pelanggan dengan analisis klaster k-means lebih baik digunakan dibandingka nanalisis RFM karena terdapat keunggulan dalam hasil segmentasi dan pengukuran kebaikan hasil analisis. Penelitian ini dapat bermanfaat untuk mendasari penyusunan strategi pemasaran terhadap setiap segmen pelanggan corners card Mal 23 Paskal secara efektif dan e?sien.