Article Details

PERBANDINGAN ANALISIS RECENCY, FREQUENCY, MONETARY (RFM) DAN ANALISIS KLASTER K-MEANS PADA STUDI KASUS DATA PELANGGAN CORNER’S CARD MAL 23 PASKAL

Oleh   Vivian Chan [10115063]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. RR. Kurnia Novita Sari, S.Si.,
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : FMIPA - Matematika
Fakultas : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Subjek :
Kata Kunci : segmentasi pelanggan, program loyalitas, corner’s card, Mal 23 Paskal, RFM, analisis klaster, k-means.
Sumber :
Staf Input/Edit : Dwi Ary Fuziastuti  
File : 6 file
Tanggal Input : 2019-12-12 15:34:46

Generic placeholder image
COVER Vivian Chan

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB 1 Vivian Chan

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB 2 Vivian Chan

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB 3 Vivian Chan

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB 4 Vivian Chan

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB 5 Vivian Chan

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan


Mal 23 Paskal merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bandung yang memiliki corners card sebagai program loyalitas pelanggannya. Program ini membuat pelanggan dapat mengumpulkan poin dari transaksi yang dilakukan sehingga aktivitas transaksi pelanggan dapat dilacak melalui data yang terkumpul. Data ini dapat dimanfaatkan untuk menganalisis pelanggan dan segmentasi pelanggan untuk menyusun strategi pemasaran. Segmentasi pelanggan dapat dilakukan dengan analisis Recency, Frequency, Monetary (RFM) dan analisis klaster k-means. Berdasarkan hal tersebut, kedua analisis dapat dibandingkan pada studi kasus data pelanggan corners card Mal 23 Paskal. Segmentasi pelanggan dengan analisis RFM memanfaatkan ketentuan skor yang sudah ada sehingga menghasilkan 10 segmentasi. Di sisi lain, segmentasi pelanggan dengan analisis klaster k-means dilakukan beberapa kali simulasi yang menghasilkan 4 segmentasi. Perbedaan utama analisis RFM dengan analisis klaster k-means terletak pada konsep dasar, proses yang dilakukan, tipe keluaran, hasil segmentasi beserta kelebihan dan kekurangan. Segmentasi pelanggan dengan analisis klaster k-means lebih baik digunakan dibandingka nanalisis RFM karena terdapat keunggulan dalam hasil segmentasi dan pengukuran kebaikan hasil analisis. Penelitian ini dapat bermanfaat untuk mendasari penyusunan strategi pemasaran terhadap setiap segmen pelanggan corners card Mal 23 Paskal secara efektif dan e?sien.

Cari