digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rifki Assudaisi
PUBLIC Taupik Abidin

Dalam beberapa waktu terakhir, kecenderungan konsumen muda di Indonesia pada niat pembelian produk hijau semakin meningkat. Green marketing merupakan strategi pemasaran untuk menarik konsumen untuk membeli produk/jasa dengan menawarkan nilai ramah lingkungan pada niat pembelian hijau pada moda aksesoris ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor preferensi kalangan muda di Indonesia dalam niat pembelian hijau pada mode aksesoris ramah lingkungan. Faktor – faktor yang ingin diselidiki pengaruhnya terhadap niat pembelian hijau yaitu nilai dan kepercayaan lingkungan, label ramah lingkungan, pengaruh teman sebaya pada konteks hijau dan pemasaran hijau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan total 250 responden yang berusia 18 – 28 tahun yang bertempat tinggal di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan nilai dan kepercayaan lingkungan, label ramah lingkungan dan pemasaran hijau memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian produk hijau. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti dapat memberikan gambaran kepada perusahaan mode aksesoris mengenai kecenderungan niat pembelian konsumen muda di Indonesia. Selain itu, hasil penelitian dapat digunakan untuk memperkuat varabel perusahaan yang dipilih agar lebih kompetitif.