digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Fesmus.com dibangun awaknya sebagai marketplace pada 2017 di Bandung, memfokuskan diri di fashion Muslim. Dalam perkembangannya, Fesmus.com membentuk komunitas yang berisi tenant-tenant-nya yang terdiri dari desainer fashion Muslim, pemilik brand fashion Muslim, fashion-preneurs, para model, dsb. Pada 2018, terlihat kebanyakan dari pengunjung website mengunjungi laman Fesblog yang berisi artikel- artikel tentang informasi. Hal ini membuat Fesmus.com mengubah bisnisnya menjadi online media. Saat ini produk dari Fesmus.com adalah artikel-artikel yang dibuat oleh komunitas penulis dari Fesmus.com. Komunitas tenant dipromosikan melalui artikel – artikel ini. Permasalahan dari Fesmus.com dikarenakan perubahan pada bisnisnya, adalah permasalahan monetizing dan juga membutuhkan model bisnis yang baru. Pendekatan teoritis yang diambil untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan menggunakan Strategy Palette dari buku Your Strategy Needs Strategy oleh Martin Reeves dkk. sebagai langkah pertama. Untuk menentukan strategi yang cocok, digunakan Select and Match Approach dari buku yang sama dengan self-assessment pada owner. Pada research ini, hasil dari strategi yang cocok adalah shaping strategy dan menggunakan pendekatan platform strategy. Untuk menganalisa lingkungan bisnis digunakan analisa external dan internal. Hasilnya akan digunakan sebagai input untuk analisa SWOT. Business model dibuat menggunakan Platform Design Canvas oleh Simone Cicero dkk. Hasil dari analisa- analisa tersbut akan digunakan untuk membuat Platform Establishment and Growth Strategy oleh Kim Junic. Berdasarkan analisa yang ada, ditemukanlah root-cause dari business issue yaitu perusahaan tidak memiliki competitive advantage, tidak ada customer value proposition, self-funding, dan tidak memiliki strategi monetizing. Maka solusi bisnis yang disarankan dari masalah tersebut dengan menggunakan TOWS matrix yang berisi kolaborasi dalam produksi, event, dan pembuatan fitur partisipatif; engaging target pasar yang potensial; meningkatkan jumlah dan kualitas dari posting atau informasi, dan membuat traction untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan bounceback-rate; lebih aktif di sosial media untuk menarik pengunjung ke website; dan melakukan research pada competitive advantage dan customer value propositions. Pada strategi bisnis digunakan focus-cost leadership dan strategi kompetitif menggunakan pengembangan produk dan penetrasi pasar. Strategi- strategi tersebut digunakan sebagai masukkan untuk membangun Platform Establishment and Growth Strategy. Solusi untuk strategi monetizing dengan revenue dari event dan produk; competitive advantage yang baru adalah dengan membuat aplikasi mix and match; self-funding dapat diatasi dengan melakukan produksi secara kolaborasi pada event dan produk; dan melakukan research pada costumer value proposition karena Fesmus.com baru saja merubah bisnisnya menjadi media. Pada bagian implementasi, terdiri dari persiapan, pengimplementasian, dan evaluasi untuk tiga tahun pertama. Termasuk juga sumber daya yang dibutuhkan dalam pengimplementasian strategi bisnis berdasarkan Platform Design Canvas yang baru.