COVER Hamdzan
PUBLIC Alice Diniarti BAB 1 Hamdzan
PUBLIC Alice Diniarti BAB 2 Hamdzan
PUBLIC Alice Diniarti BAB 3 Hamdzan
PUBLIC Alice Diniarti BAB 4 Hamdzan
PUBLIC Alice Diniarti BAB 5 Hamdzan
PUBLIC Alice Diniarti BAB 6 Hamdzan
PUBLIC Alice Diniarti PUSTAKA Hamdzan
PUBLIC Alice Diniarti
Peredam kejut kendaraan bermotor pada umumnya bukanlah peredam dengan
karakteristik linier, yang mana gaya yang dihasilkan bukanlah fungsi linier sederhana dari
kecepatan ujung-ujungnya. Pemodelan fisik yang teliti diperlukan untuk mengetahui
karakteristik redaman peredam kejut berdasar variasi kecepatan dan frekuensi eksitasinya.
Pemodel ini diharapkan memiliki peranan yang berharga pada tahap perancangan sistem
suspensi.
Sejumlah peneliti sebelumnya mengestimasi dengan cara eksperimen maupun
menggunakan pendekatan suatu fungsi persamaan, seperti F = C.V. Pemodelan atau
pengujian dilakukan untuk melihat karakteristik global dari peredam kejut. Pemodelan ini
diharapkan dapat memperbaiki pemodelan dengan fungsi tersebut menjadi submodel dari
keseluruhan model suspensi kendaraan bermotor, dan bahkan model kendaraan bermotor
sepenuhnya.
Pada tesis ini, peredam kejut dimodelkan dengan tingkatan kompleksitas: fluida
dimodelkan sebagai satu bongkahan, rentang frekuensi eksitasi dari nilai yang rendah sampai
ke yang tinggi, rentang kecepatan rendah sampai ke tinggi, efek linier pada aliran kebocoran
piston dan tabung, efek nonlinier pada aliran melalui restriksi, efek nonlinier aliran melalui
orifice, efek kavitasi, efek elastisitas tabung, efek gesekan coulomb, efek temperature, aliran
laminar dan turbulen, dan inersia piston dan berat kendaraan.
Pemodelan diharapkan dapat menjadi arahan pembelajaran bagi masyarakat industri
peredam kejut di Indonesia, oleh karena pemodelan diterang dari model sederhana dengan
excel, diagram bond, Matlab Simulink dan model CFD.