digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK DICKY WIZANAJANI.pdf ]
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Data jawaban UAN siswa SD tidak langsung mencerminkan tingkat kemampuan siswa ataupun tingkat kesulitan tes. Analisis lebih lanjut diperlukan untuk melakukan pengukuran. Tujuan tesis ini adalah mempelajari algoritma pengukuran kemampuan siswa dan kesulitan soal dalam model Rasch, melakukan implementasi model Rasch terhadap jawaban UAN tahun 2016 dan melakukan analisis terhadap jawaban UAN tersebut dilanjut dengan analisis terhadap setiap butir-butir soal. Algoritma yang dipelajari adalah Joint Maximum Likelihood Estimation yang digunakan dalam melakukan estimasi tingkat kemampuan siswa dan tingkat kesulitan butir. Implementasi model Rasch dilakukan terhadap 20.000 data siswa SD di Kota Bandung. Sedangkan, analisis terhadap butir-butir soal dilakukan dengan mempelajari ICC dan IIF dari masing-masing butir. Hasil analisis terhadap jawaban UAN menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kemampuan siswa lebih tinggi dari tingkat kesulitan soal sehingga soal UAN dapat dikategorikan sebagai soal yang mudah untuk siswa di Kota Bandung. Dari hasil analisis terhadap setiap butir-butir soal dapat disimpulkan bahwa butir-butir soal dapat diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) jenis butir soal yang memiliki sifat yang berbeda. Pertama adalah jenis soal yang penyelesaiannya membutuhkan metode atau rumus tertentu. Kedua adalah jenis pertanyaan langsung mengenai suatu materi tertentu. Ketiga adalah soal pertanyaan cerita.