Article Details

PENGGUNAAN ALGORITMA KOLONI LEBAH BUATAN SEBAGAI HAMPIRAN NUMERIK DALAM PENYELESAIAN BERBAGAI PERMASALAHAN PERSAMAAN DIFERENSIAL

Oleh   Fariz Fahmi Fikri [10113100]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Nuning Nuraini, S.Si., M.Si.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : FMIPA - Matematika
Fakultas : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Subjek :
Kata Kunci : persamaan diferensial, metode metaheuristik, Deret Taylor, algoritma artificial bee colony, Lotka-Voltera, dan SIR.
Sumber :
Staf Input/Edit : Dwi Ary Fuziastuti  
File : 1 file
Tanggal Input : 2019-10-09 10:14:36

Persamaan diferensial merupakan salah satu cabang dalam ilmu matematika yang memiliki kaitan erat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Beberapa permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dapat dimodelkan menjadi persamaan diferensial maupun sistem persamaan diferensial. Oleh karena itu, menyelesaikan sebuah permasalahan persamaan diferensial merupakan sesuatu yang sangat penting. Semakin berkembangnya ilmu Matematika menyebabkan permasalahan-permasalahan yang harus diselesaikan semakin kompleks termasuk permasalahan persamaan diferensial yang susah didapatkan solusi eksaknya, sehingga dikembangkan beberapa metode numerik untuk menghampiri solusi dari permasalahan tersebut. Beberapa metode numerik untuk menyelesaikan persamaan diferensial yang sudah banyak digunakan yaitu Metode Euler, Metode Heun, dan lain-lain. Sedangkan metode numerik untuk menyelesaikan sistem persamaan yang sering digunakan yaitu Metode ode45. Namun, dari beberapa metode tersebut masih memiliki beberapa batasan yang menyebabkan metode tersebut tidak dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks seperti selang waktu evaluasi yang tidak dapat kita ubah secara bebas. Sehingga perlu metode baru yang lebih baik sehingga hal tersebut tidak terjadi. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu algoritma koloni lebah buatan. Algoritma tersebut merupakan salah satu algoritma dari metode metaheuristik, yaitu metode yang dapat keluar dari ruang pencarian lokal dan melakukan eksplorasi pada ruang pencarian solusi sehingga akan didapat solusi yang lebih baik dibandingkan metode lainnya.