digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Steven
PUBLIC Dewi Supryati

Online grocery shopping (OGS) adalah website atau mobile application yang digunakan oleh konsumen untuk membeli produk grocery dengan meng-klik pada produk yang diinginkan. Salah satu OGS yang sedang berkembang di Indonesia adalah Sayurbox. Berdasarkan diskusi dengan pihak Sayurbox, masih terdapat permasalahan bagi pelanggan dalam penggunaan mobile application Sayurbox. Selain itu, terdapat permasalahan terkait penerimaan mobile application Sayurbox dimasyarakat. Hal ini ditunjukan pada hasil survei yang mengindikasikan bahwa responden masih cenderung memilih membeli grocery secara tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor utama yang memengaruhi intensi pengguna, mengevaluasi usability, dan memberikan usulan perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan usability dan user acceptance pada mobile application Sayurbox. Evaluasi usability dilakukan dalam bentuk usability testing yaitu performansi pengukuran dan retrospective think aloud. Evaluasi usability dilakukan kepada 48 partisipan yang terbagi menjadi enam kelompok berdasarkan umur dan pengalaman penggunaan. Evaluasi user acceptance dilakukan berdasarkan technology acceptance model (TAM) dalam bentuk kuesioner untuk 122 partisipan. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor utama yang memengaruhi intensi penggunaan mobile application Sayurbox adalah perceived usefulness (PU). Fitur pendaftaran memiliki efektivitas, efisiensi, learnability yang baik dan terdapat 3 permasalahan signifikan sedangkan fitur pemesanan memiliki efektivitas, efisiensi, dan learnability yang kurang baik dan terdapat 8 permasalahan signifikan. Kepuasan pengunaan mobile application Sayurbox dinilai cukup puas. Penelitian menghasilkan 4 usulan perbaikan untuk fitur pendaftaran dan 11 usulan perbaikan untuk fitur pemesanan.