digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Abu Hanifah Al Faruq Hambaly
PUBLIC Alice Diniarti

Umrah merupakan suatu ibadah yang dilakukan oleh umat islam. Berbeda dengan ibadah haji, ibadah umrah dapat dilakukan kapanpun. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Banyaknya jumlah penduduk muslim di Indonesia menjadi potensi pasar bagi perusahaan biro jasa perjalanan ibadah umrah. Hal tersebut juga dapat dilihat dari meningkatnya jumlah jamaah umrah dari Indonesia pada setiap tahunnya. Potensi pasar juga menjadi salah satu alasan munculnya biro-biro jasa perjalanan ibadah umrah baru, sehingga persaingan dalam perebutan pangsa pasar tidak bisa dihindarkan. Melihat adanya peluang yang besar, PT. Alhijrah Mulia Wisata sebagai perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata juga ikut bersaing. Untuk dapat menarik konsumen, perusahaan berlomba-lomba dengan membuat inovasi-inovasi pemasaran semenarik mungkin. Oleh karena itu, PT. Alhijrah Mulia Wisata harus merancang program pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberi masukan kepada PT. Alhijrah Mulia Wisata tentang program pemasaran berdasarkan persepsi konsumen. Model yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pada penelitian ini adalah konsep pemasaran segmenting dan targeting, dengan menggunakan model bauran pemasaran 7P, yaitu Product, Price, Promotion, Place, People, Process, dan Physical evidence. Langkah awal pada penelitian ini adalah menentukan faktor-faktor penting dalam pemilihan travel umrah dengan menggunakan analisis faktor. Kemudian melakukan proses segmentasi pasar dengan menggunakan analisis cluster, kemudian dibutuhkan analisis cross tabulation untuk dapat memprofilkan tiap segmen yang terbentuk. Dari analisis tersebut terbentuklah tiga segmen yang dapat menjadi fokus perusahaan. Kemudian selanjutnya pemilihan segmen berdasarkan evaluasi pada masing-masing segmen.