digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Firza Fadlan Ekadj
PUBLIC Alice Diniarti


BAB 1 Firza Fadlan Ekadj
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Firza Fadlan Ekadj
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Firza Fadlan Ekadj
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Firza Fadlan Ekadj
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Firza Fadlan Ekadj
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Firza Fadlan Ekadj
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Firza Fadlan Ekadj
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam desain hull dan ski pada pesawat kapal udara, khususnya saat take-off dan landing di air laut dengan kondisi sea state 4. Pada bagian hull, ada parameter-parameter yang mempengaruhi performance saat take-off dan landing di air, yaitu spray streep, deadrise angle, letak dan bentuk translating ski. Kajian diarahkan pada modifikasi dari bentuk hull dan ski, sehingga drag total barunya, yaitu jumlah komponen drag air laut dan drag udara, menjadi lebih baik dibandingkan dengan desain awal fuselage. Selain itu juga diperhatikan keuntungan pada lift dan rasio lift to drag. Untuk itu, dilakukan analisis aliran fluida menggunakan medium air laut dan udara. Dilakukan simulasi CFD pada desain fuselage yang diberikan dan fuselage hasil modifikasi. Kemudian, dianalisis perbedaan hasil yang baru dengan hasil awal. CFD dilakukan menggunakan ANSYS Fluent menggunakan model volume of fluid dan model turbulen k-? RNG. Modifikasi geometri fuselage meliputi perubahan lokasi ski, perubahan sudut deadrise, dan perubahan ketebalan di bagian belakang ski. Dari analisis CFD, terlihat bahwa hasil dari geometri termodifikasi tersebut lebih baik, namun proses perbaikan perlu dilanjutkan sehingga didapatkan hasil yang optimum.