digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Hilmi Dhiya' Ulhaq
PUBLIC Dewi Supryati

Aplikasi Siap Belajar merupakan produk aplikasi belajar online yang dikembangkan oleh PT. Baros Creative Partner. Saat ini, PT. Baros Creative Partner telah menyelesaikan tahap pengembangan produk dan sedang mencari investasi untuk melanjutkan pengembangan produk ke tahap produksi dan penjualan. Namun PT. Baros Creative Partner menemui kesulitan dalam menemukan investor yang hendak menanamkan dananya pada produk ini karena belum adalanya studi yang mendalam terkait kelayaan pasar, keuangan dan investasi terhadap produk ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk ini dari aspek produk, pasar, operasional, manajemen dan keuagan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Barringer Feasibility Analysis (2007) untuk menentukan kelayakan dari aspek produk, pasar dan industry, teknis dan operasional, dan manajemen dan organisasi terhadap produk ini. Metode tersebut dipilih karena memiliki alat ukur yang komperhensif dan mudah digunakan. Sedangkan untuk aspek keuangan dan investasi, penentuan kelayakan dilakukan dengan menggunakan analisis kelayakan investasi. Aplikasi Siap Belajar dinilai layak secara aspek produk berdasarkan penilaian indikator product desirability sebesar 2.6 dan product demand. Produk ini juga dinilai layak berdasarkan aspek pasar dan industry dengan nilai indikator industry attractiveness sebesar 2.6 dan target market attractiveness sebesar 2.38. Berdasarkan aspek teknis dan operasonal aplikasi Siap Belajar dinilai layak berdasarkan hasil penilaian pada indikator resource sufficiency yaitu sebesar 2.33. Secara aspek manajemen dan organisasi Aplikasi Siap Belajar dinilai layak berdasarkan penilaian pada indikator management prowress yaitu sebesar 2.42. Sedangkan secara keuangan aplikasi Siap Belajar dinilai layak berdasarkan penilaian pada indikator total startup cash need yaitu $ 176,455 pada tahun ke 0 dan kelayakan investasi yaitu NPV $ 7,646,108 pada tahun kelima, Payback Period 2.14 dan IRR 92.48%. Meskipun produk aplikasi Siap Belajar telah dinilai layak, terdapat beberapa perhatian yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Fokus utama adalah pada peningkatan aspek pasar terutama pada segmentasi dan penentuan target pasar yang lebih spesifik. Peruahaan juga perlu melihat hasil analisis sensitivitas yang mengatakan terdapat resiko kerugian apabila terdapat penurunan penjualan sebesar 60%.